Saturday, April 11, 2020

Cara Perpanjang SIM di Polres Terbaru

Cara perpanjang SIM di Polres Terbaru. Surat izin mengemudi, atau yang familiar disebut dengan SIM merupakan suatu bukti bahwa seseorang telah mumpuni dan dipersilahkan untuk menggunakan kendaraan bermotor, yang berlaku selama kurun waktu tertentu. Setelah masa berlaku habis, maka pemegang sim harus melakukan proses perpanjangan. Bagaimana cara mengurus perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) di Polres Lamongan? Berikut akan saya ceritakan pengalaman saya ketika mengurus perpanjangan SIM C terbaru.

Pertama sekali sebelum kita memutuskan untuk mengurus perpanjangan surat izin mengemudi, kita harus memastikan bahwa masa berlaku SIM kita memang sudah hampir habis, karena perpanjangan sim hanya boleh dilakukan selama seminggu sebelum surat izin mengemudi habis masa berlakunya.

Baca Juga: Ciri Anggaran Dana Desa Dikorupsi

Kedua, lengkapi semua persyaratan pengajuan perpanjangan sim sebelum kita berangkat kepolres terdekat.

Dan ketiga jangan sampai lupa siapkan biaya.

Cara Perpanjang SIM di Polres Terbaru
Polres
Setelah tahu masa berlaku SIM tinggal 4 hari lagi, akhirnya aku memutuskan untuk segera melakukan proses pengajuan perpanjangan, hal ini karena jika kita lupa dan melampaui batan perpanjangan yang telah ditentukan, maka kita tidak bisa mengurus perpanjangan, dan justru harus membuat sim baru.

Yakin mau bikin sim baru lagi? Aku rasa kita akan berpikir 100 kali untuk membuat sim baru. Pasalnya membuat sim baru bukanlah persoalan yang semudah membeli nasi goreng pinggir jalan. Semua yang pernah tes pengajuan sim baru pasti bisa merasakannya, kecuali jika kalian membuat sim dengan "jalur belakang".

Setelah memastikan telah memasuki masa perpanjangan, akhirnya aku mengurus beberapa persyaratan untuk pengajuan perpanjangan sim.

Adapun beberapa persyaratan perpanjangan SIM adalah sebagai berikut;

  • Surat keterangan Dokter, surat ini dapat kita peroleh dengan mudah di puskesmas terdekat.
  • Surat hasil tes psikologi, sesuai dengan peraturan dalam perpanjangan sim terbaru, di polres lamongan untuk mengajukan perpanjangan sim adalah dengan menunjukkan surat bukti telah lolos tes psikologi. Jangan khawatir, di dekat kantor polres terdapat psikolog yang dapat mengeluarkan surat tersebut.
  • Foto kopi ktp 2x, hal ini dibutuhkan saat melakukan tes psikologi, dan pemenuhan berkas perpanjangan di polres nantinya.
  • Foto kopi SIM, foto kopi sim diperlukan juga saat mengajukan pendaftaran tes psikologi.
  • SIM asli, dibutuhkan saat melakukan pendaftaran perpanjangan, di kantor polres.

Baca Juga: Ampo Camilan Yang Terbuat Dari Tanah Liat Khas Kota Tuban

Jika kita telah menyiapkan hal-hal tersebut, kita tidak perlu bolak-balik untuk memenuhi berkas, atau bahkan berkas kita yang salah.

Biaya Untuk Pengajuan Perpanjangan SIM

Sebelum memutuskan untuk melakukan perpanjangan SIM di polres, pastikan telah membawa dana yang cukup, agar kita tidak bolak balik mengambil uang. Adapun beberapa biaya yang harus kita keluarkan adalah sebagai berikut;

  1. Surat Keterangan Dokter/surat sehat di puskesmas (Rp. 10.000)
  2. Tes Psikologi (Rp. 50.000)
  3. Foto kopi KTP dan SIM (-+ Rp. 2.000)
  4. Biaya perpanjangan SIM C (Rp. 75.000)
  5. Parkir ( Rp. 3.000)
  6. Biaya lain2 ( Rp. Sesuai kebutuhan pribadi)

Cara pengajuan perpanjangan sim di polres

Jika kita telahenyiapkan beberapa syarat-syarat pengajuan perpanjangan SIM, maka saatnya kita mulai mengurus perpanjang.

Yang pertama, kita harus mengambil antrian di mesin yang tersedia, sesuaikan dengan jenis kebutuhan. Jika tidak bisa mengambil sendiri, mintaklah tolong petugas yang berada di sana.

Kedua, masuk keruang tunggu. Duduk dan Tunggu sampai nomer antrian kita dipanggil untuk datang keloket.

Ketiga, serahkan berkas yang diminta oleh petugas loket. Berkas berupa foto kopi KTP, sim, surat keterangan dokter, dan surat tes psikologi. Setelah itu kita akan diberikan semacam struk.

Keempat, lakukan pembayaran biaya perpanjangan sebesar 75rb di loket selanjutnya.

Kelima, tunjukkan struk yang kita dapat dari loket, untuk selanjutnya lakukan proses pemotretan dan perekaman sidik jari.

Setelah semua proses dilakukan, kita tinggal menunggu sim baru kita dicetak, dan akan segera dipanggil untuk mengambil di loket perpanjangan jika telah selesai di cetak.

Baca Juga: Cara Mendaftar Beasiswa Pemkab Lamongan

Cukup mudah bukan cara mengurus perpanjangan  Surat Izin Mengemudi (SIM) di polres Lamonagan?. Namun jika kalian tidak ingin mengurus perpanjangan SIM di Kantor Polres, kita juga dapat mengurusnya di beberapa layanan keliling. Salah satunya berada di wilayah kec. Paciran, dekat pasar wage.

Demikianlah artikel tentang cara mengurus perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) di polres Lamongan, jika kalian masih belum jelas, silahkan tanyakan di kolom komentar.

Posted by: verbal[dot]id
verbal, Updated at: 1:16 PM

0 komentar

Post a Comment

Berikan Komentarmu di Sini, Untuk Beropini, Bertukar Ide dan Sekedar Sharing..