Saturday, January 18, 2020

Ampo, Camilan Terbuat Dari Tanah Liat Asal Kota Tuban

Verbal.id - Apa yang ada dalam pikiran anda ketika mendengar kata makanan ringan atau “camilan?”, mungkin banyak dari kita akan terbayang dengan spontan camilan seperti keripik, gorengan, kerupuk, donat, dan atau berbagai jajanan khas pasar lainnya. Namun berbeda dengan makanan khas yang berasal dari kota Tuban ini, banyak orang menyebutnya dengan nama “Ampo” sebuah makanan ringan yang terbuat dari tanah liat.

Makanan yang tidak jamak kita temukan di kota-kota lain ini sebenarnya memiliki perseberan yang cukup luas, karena ampo selain dikenal di Tuban juga terdapat dibeberapa daerah, seperti Jawa Tengah Dan Jawa Barat.

Kudapan yang terbilang jarang kita temui ini memang terbilang sangat menarik, pasalnya material yang biasa kita temui sebagai bahan dasar bangunan yang diperoleh dari lahan persawahan atau perkebunan ternyata kali ini dihidangkan di atas meja sebagai camilan.

Baca Juga: Budaya Gotong Royong di Lamongan

Ampo bagi masyarakat kota Tuban merupakan makanan yang lumrah dikonsumsi, bahkan juga diperjual belikan dipasar tradisional. Jajanan yang terbuat dari bahan dasar tanah liat murni tanpa campuran bahan apapun ini sangat digemari oleh kalangan wanita, terutama ibu yang sedang dalam masa kehamilan.

Ampo Camilan Terbuat Dari Tanah Liat Asal Kota Tuban
Bentuk Ampo sekilas mirip dengan snek stik wafer
Kebiasan mengkonsumsi makanan dari tanah ini biasanya disebut dengan geofagi, yang banyak dilakukan oleh banyak negara terutama yang berada di daerah tropis dan hangat. Walaupun demikian, tidak banyak negara yang terang-terangan mengakui masyarakatnya memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan dengan bahan dasar tanah liat tersebut.

Membuat Ampo Hanya Dengan Tanah Liat Yang Dipanggang

Cara membuat ampo sangat sederhana, pertama yang harus dilakukan adalah memilih jenis tanah liat murni, bertekstur lembut yang tidak terdapat pasir, kerikil, dan batu.

Setelah mendapat tanah liat/lempung yang diinginkan, selanjutnya tanah diadon dengan menambahkan air sedikit demi sedikit sampai tanah berbentuk kotak dan kalis. Ciri tanah adonan telah kalis iala adonan tidak lagi menempel di kulit.

Baca Juga: Bunga Sakura UIN Malang Mekar Kembali

Tanah yang telah berbentuk kotak, kemudian diserut dari bagian atas dengan menggunakan bilah bamboo, yang menghasilkan bentuk seperti stik cokolat*s.

Proses terahir adalah mengumpulkan stik tanah selanjutnya ditaruh dalam kuali gerabah dan dipanggang/diasap, camilan ampo siap untuk disantap.

Ampo Dipercaya Dapat Menguatkan Sistem Pencernaan

Menurut para penggemarnya, ampo dipercaya dapat menguatkan sistem pencernaan, dan menyehatkan tubuh. Dengan rasa yang unik, ampo biasanya dihidangkan bersama teh manis disaat pagi atau sore hari.

Sebuah studi menyebutkan bahwa memakan tanah liat yang steril dapat membuat perut merasa lebih nyaman, selain itu juga dapat melindungi dari serangan virus atau bakteri.

Penasaran ingin mencobanya?

Fakta Tentang Ampo

Walaupun dipercaya dapat menyehatkan tubuh, makan ampo yang berasal dari jenis tanah lempung ini memiliki resiko yang cukup berbahaya, apalagi jika tanah tersebut telah terkontaminasi dengan kotoran manusia atau hewan. Selain itu juga terdapat resiko dari cacing gelang yang dapat tinggal bertahun-tahun dalam tanah.

Baca Juga: Budaya Minum Kopi Dulu dan Sekarang

Demikianlah artikel tentang ampo, camilan khas kota Tuban yang terbuat dari bahan tanah liat, bagaimana apakah di kotamu terdapat makanan unik seperti Ampo?

Posted by: verbal[dot]id
verbal, Updated at: 5:02 AM

0 komentar

Post a Comment

Berikan Komentarmu di Sini, Untuk Beropini, Bertukar Ide dan Sekedar Sharing..