Sunday, December 29, 2019

Cara Belajar Efektif Agar Mudah Diingat

Verbal.id - Belajar merupakan proses seumur hidup yang selalu dilakukan manusia, mulai dari kecil sampai ajal menjemput. Belajar bukan hanya berarti kegiatan yang dilakukan di bangku sekolah, membaca buku teks ataupun hal-hal lain yang terkesan akademis, karena belajar dapat dilakukan setiap saat, setiap orang dan disetiap tempat, sebagaimana kita mengenal istilah long life education, atau belajar seumur hidup.

Seiring dengan perkembangan teknologi digital, aktifitas belajar dapat kita lakukan tanpa mengenal tempat, dan waktu, karena semua orang dapat mengakses materi dengan mudah dalam telfon genggam (smartphone), hal ini membuat internet menjadi cara mudah dalam belajar.

Namun demikian, banyak diantara kita yang sulit dalam mencerna pelajaran, dan bahkan tidak jarang juga akan segera melupakan halaman pertama pada saat kita mulai membuka halaman kedua, dan begitu seterusnya. Ada juga teman-teman yang sering merasa jenuh ketika berlama-lama belajar, dan tidak jarang merasa tidak mengerti apa-apa padahal sudah membaca banyak halaman.
Baca Juga: Proses Belajar dan Faktor Yang Mempengaruhinya
Jika kita merasakan hal-hal tersebut, jangan frustasi terlalu dini, teruslah belajar dan ada baiknya teman-teman mencoba mencari tahu tentang cara dan tips dalam belajar.

Sebelum mulai belajar ada baiknya kita menyiapkan hal-hal berikut ini, cekidot lah:

Tentukan Jadwal Belajar

Sering kali kita begitu semangat untuk belajar, kadang juga kita merasa malas untuk membaca/belajar, hal ini lumrah karena belajar merupakan kebiasaan dan karakter yang harus dibentuk. Tanpa habit yang baik, maka kita akan belajar hanyaketika ada ujian, atau kebutuhan yang bersifat mepet.

Oleh karena itu penting untuk membuat jadwal yang rutin, untuk para pelajar. Dan bagaimana jadwal belajar yang baik untuk teman-teman yang aktivitas rutinya bukan sebagai pelajar? Kita tetap bisa mengasah otak kita agar tidak mudah pikun pada saat akan tidur. Misalnya kita dapat membaca buku satu halaman setiap hari saat hendak tidur malam hari.

Kenali Karakter Belajar

Untuk teman-teman yang mera selalu belajar namun tidak masuk ke otak, itu buka persoalan apakah otak kita besar atau kecil, karena bisa jadi kita salah dalam belajar. Ada Cara membuat otak mudah menyerap pelajaran, bagaimana caranya?

Pertama dan yang paling utama kenali karakter belajar kita, mungkin kita memiliki karakter/ model belajar audio, sehingga kita tidak cocok untuk belajar visual, atau mungkin kita yang memiliki model belajar visual maka kita akan sulit belajar dengan model belajar audio, dan seterusnya.

Cara Belajar Efektif
Sering Kali Kita Terlalu Fokus Pada Hasil Belajar, dan Melupakan Proses Itu Sendiri

Oleh sebab itu, jika ingin otak kita mudah menyerap pelajaran maka sesuaikan model belajar kita, apakah model Audio (suara/mendengarkan), Visual (gambar/video), atau Kinestetik (bergerak/melakukan sesuatu untuk belajar).

Belajar Dengan Goodmood

Bagi kalian yang merupakan seorang mahasiswa maka kalian akan mencari Cara yang tepat memahami materi kuliah, begitu juga dengan teman-teman yang merupakan seorang pelajar. Belajar keras bukanlah cara yang efektif untuk belajar, cari cara yang tepat agar otak kita dapat menyerap materi dengan baik.
Baca Juga: Guru Harus Berubah Dari pusat Pembelajaran Menjadi Manager Pembelajaran
Salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah selalu memastikan kita belajar dengan kondisi sedang goodmood, karena pada saat kita merasa senang dan nyaman maka otak kita akan lebih mudah untuk memahami sesuatu, oleh karena itu carilah tempat dan kondisi yang selalu membuat kalian nyaman untuk belajar, jangan biarkan otak kalian terforsir karena stres.

Cara Belajar Agar Mudah Diingat

Walaupun memiliki kapasitas yang hampir tidak terbatas, otak memiliki mekanisme tersendiri untuk mengingat atau “melupakan sesuatu”. Memori yang terlupakan sebenarnya tidak pernah bernar-benar hilang dari dalam otak kita, namun memori-memori tersebut masuk dalam ingatan jangka panjang, atau alam bawah sadar. Yang menjadi persoalan bagi kita adalah, tidak semua orangbisa memanggil ingatan yangberada dalam alam bawah sadardengan mudah, kadang dibutuhkan treatment khusus untuk dapat memanggil ingatan tersebut.

Nah, bagaimana agar belajar mudah diingat? Salah satu contoh yang pernah saya alami ketika belajar di kelas adalah ketika guru memberika materi rumus tekanan dalam pelajaran fisika yaitu dengan sebuah nyanyian anak-anak, “topi saya bundar”. Dengan menyanyikan nada lagu tersebut dengan merubah liriknya menjadi rumus tekanan.

Hal ini terbukti membuat ingatan tentang rumus itu masih kental terasa hingga sebelas tahun terahir, setelah mempelajarinya di kelas VII sekolah menengah pertama.

Itulah tadi gambaran tentang bagaimana belajar efektif agar mudah diingat, selain itu cara belajar efektif juga dapat kita lakukan dengan cara lain.

Cara Belajar Efektif

Cara belajar efektif dapat kita lakukan untuk memudahkan kita dalam mengingat materi-materi yang ingin kita kuasi. Hal ini dapat dilakukan setidaknya dengan tiga cara.

Nah, Dibawah ini akan dijelaskan cara belajar effektif, untuk membaca supaya cepat di ingat.

1. Membuat Catatan kecil

Pertama yang harus kita lakukan adalah membuat catatan kecil, dapat berupa buku kecil tau mungkin bisa kita selipkan diantara bagian kosong buku yang sedang kita baca.

Walaupun demikian, lebih disarankan untuk membuat catatan dalam buku khusus sehingga mudah mencarinya kembali. Catatan-catatan itu merupakan resume, atau hal-hal penting yang harus kita ingat, sehingga cukup untuk mewakili seluruh materi yang sedang kita pelajari, atau hanya bagian-bagian penting yang sulit diingat saja.

Cara ini dapat dilakukan dengan mudah, dan pasti akan membantumu mengingat materi-materi penting yang harus dipahami.

2. Beri Highlight

Dan cara kedua untuk dapat belajar yang mudah diingat adalah membuat highlight, yang dapat dilakukan dengan memberi garis bawah dengan alat tulis, atau dapt juga menggunakan bantuan stabilo sehingga paragraph penting dapat ditandai dengan warna-warna mencolok dari stabilo.

Hal ini dilakukan agar saat hendak mempelajarinya lagi, kita dapat dengan mudah mengetahui bagian-bagian penting dari materi tersebut.

3. Buatlah Mind Mapping

Mind mapping atau peta konsep dapat kita buat untuk membantu belajar yang mudah diingat, karena mind mapping berisi materi-materi pokok yang kita buat untuk memahami hubungan dan faktor-faktor yang disusun menyerupai bagan sehingga memudahkan kita dalam mengingat materi.
Baca Juga: 10 Skill Yang Harus Dimiliki Dimasa Depan
Hal-hal lain yang dapat membantumu dalam usaha untuk mengingat adalah dengan memenuhi kebutuhan gizi dan berolahraga.

  • Penuhi Asupan Gizi

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa asupan gizi yang cukup akan membantu meningkatkan kinerja otak, dan begitu sebaliknya orang dengan asupan gizi yang kurang akan membuatnya lebih sulit untuk belajar.

misalnya orang yang sedang kelaparan, tentu mekanisme tubuhnya hanya akan mengingatkan jika tubuhnya sedang lapar dan harus segera makan, oleh sebab itu orang tersebut akan sulit untu berkosentrasi dalam belajar. sebaliknya, orang dengan asupan gizi cukup akan membuatnya mampu berkosentrasiuntuk belajar.

  • Jangan Lupa Olahraga

Ada pepatah yang sangat terkenal, “di dalam tubuh yang kuat, terdapat jiwa yang sehat”. Hal ini memberitahu kita bahwa mental yang sehat membutuhkan tubuh yang kuat, oleh sebab itu olahraga menjadi hal yang sama pentingnya dengan asupan gizi seimbang.

Walaupun demikian bukan berarti kita harus membuat jadwal belajar yang sama dengan jadwal olahraga, karena olahraga dapat kita lakukan misalnya Cuma seminggu sekali atu dua kali saja.

Nah itulah tadi artikel tentang bagaimana cara agar belajar mudah diingat, jangan lupa bahwa semua cara tadi memang akan membantu kita, namun yang lebih penting adalah seberapa niat kita untuk selalu belajar, karena dorongan dari dalam merupakan hal yang paling penting dalam belajar, karena tidak ada Cara supaya cepat pintar tanpa belajar.

Posted by: verbal[dot]id
verbal, Updated at: 7:56 PM

0 komentar

Post a Comment

Berikan Komentarmu di Sini, Untuk Beropini, Bertukar Ide dan Sekedar Sharing..