Thursday, October 31, 2019

Perwujudan Nilai-nilai Pancasila dalam Berbagai Kehidupan

Pancasila merupakan arah tujuan dan pandangan hidup bagi setia warga negara Indonesia, oleh karena itu seyogyanya setiap tindakan, sikap dan perilaku kita harus mencerminkan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila. Dalam bernegara, perwujudan nilai-nilai Pancasila dapat kita temui dalam berbagai bidang kehidupan di Indonesia.

Hal ini karena selain karena Pancasila merupakan sumber penggalian hukum di Indonesia, nilai-nilai Pancasila sendiri telah bersemayam dan menjiwai setiap masyarakat Indonesia. Adapun perwujudan nilai-nilai dari Pancasila dapat kita lihat dalam berbagai bidang, termasuk diantaranya adalah bidang politik, ekonomi, sosial-budaya, dan bidang pertahanan serta keamanan. terkadang Selanjutnya akan diuraikan sebagaiberikut;

Perwujudan nilai-nilai Pancasila di bidang Politik

Perwujudan nilai-nilai Pancasila di bidang politik dapat kita lihat bagaimana demokrasi yang sampai saat ini dikembangkan oleh bangsa Indonesia, sistem perwakilan, pemilihan umum, hak berpendapat dan lain-lain. Hal ini sebagaimana yang telah termaktup dalam sila-sila Pancasila, seperti sila kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat…., keadilan sosial, kemanusiaan, dan tentu Ketuhanan Yang Maha Esa yang menjiwai itu semua, sebagai keranka negara yang beragama.
Baca Juga: Pancasila Sebagai Dasar dan Ideologi Negara
Dalam rangka kemanusiaan yang adil dan beradap, kita harus senantiasa mengembangkan system bernegara dan bermasyarakat yang tidak hanya memenangkan pihak mayoritas belaka, namun suara dari minoritas harus tetap didengarkan sebagai perwujudan nilai-nilai Pancasila.

Perwujudan Nilai Pancasila dalam Berbagai Kehidupan
Namun demikian, sistem demokrasi kadang hanya mendengarkan suara mayoritas, tanpa menimbang persoalan minoritas. Oleh sebab itu maka kita sebagai masyarakat yang percaya terhadap sila-sila dalam Pancasila seyogyanya kita mendengarkan, dan menghargai setiap suara yang keluar mewakili setiap golongannya. Agar kita tidak terjebak pada “jurang” yang dibuat oleh kaum mayoritas, dimana suara mereka dapat dibeli dan tidak berasal dari hati nurani.

Perwujudan nilai-nilai Pancasila di bidang Ekonomi

Sebagaimana yang tertuang dalam UUD 1945 pasal 33: a) bahwa perekonomian disusun berdasarkan asas kekeluargaan, b) negara menguasai berbagai bidang produksi yang terkait hajat hidup orang banyak, c) bumi, udara, air dan segala yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan digunakan sebesar-besarnya untuk kesejahteraaan rakyat, dll.

Dalam pasal tersebut, utamanya bagian “c)” maka sesungguhnya negara harus menguasai sector produksi yang berkaitan dengankekayaan alam, dan digunakan sepenuhnya untuk kesejahteraan rakyat. Namun pada prakteknya negara terlihat benar-benar tidakberkutik pada perusahaan besar multi nasional.
Baca Juga: Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila
Sistem ekonomi dunia saat ini tidak begitu bermanfaat bagi rakyat kecil yang rtentan terkena dampak atas penindasan, dan kerakusan para elit ekonomi. Oleh sebab itu, menggalakan ekonomi yang asli dari Indonesia, yang dibangun atas ide-ide founding father kita dahulu menjadi sangat penting untuk mengembalikan system perekonomian Indonesia kembali pada jalur yang tepat.

Adapun system ekonomi yang digagas oleh para pendahulu kita adalah sistem ekonomi kekeluargaan, atau koperasi. Dalam system ini, ekonomi dapat dijalankan dengan membuat setiap anggota untuk mendapatkan manfaat ekonomi “feedback” dari kegiatan ekonomi yang dilakukannya dalam koperasi.

Saat ini, praktik ekonomi pada koperasi juga sudah menyerupai intitusi ekonomi non koperasi, -sebuts aja system kapilatisme-.

Namun demikian, system ekonomi Pancasila sebenarnya tidak sekaku itu, dimana harus menggunakan sistem yang asli dari indonesia, system ekonomi asingpung dapat diadopsi selama sesuai dengan nilai-nilai yang terkandungdalam Pancasila.

Perwujudan Nilai-nilai Pancasila di bidang Sosial Budaya

Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang sangat terbuka pada kebudayaan asing, dimana kebudayaan asing dipersilahkan untuk eksis dalam kehidupan, baik dibawah oleh bangsa asing maupun diadopsi oleh masyarakat kita sendiri.

Masuknya budaya asing dapat kita lihat pad acara berkomunikasi, berpakaian, dan gaya hidup, serta Bahasa yang berkembang pada masyarakat kita.

Salahsatu budaya asing yang masuk keindonesia adalah budaya barat, atau lebih sering disebut “westernisasi”, dimana masyarakat kita meniru berbagai budaya yang dikembangkan oleh dinia barat yang kadang tidak sesuai dengan adat budaya ketimuran kita. Ini adalah dampak negative dari adanya globalisasi yang terus menggerus kebudayaan lokal.

Oleh sebab itu, menggalakan kembali nilai-nilai Pancasila dalam bidang sosial budaya menjadi penting bagi Indonesia saat ini. Adapun nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sosial budaya adalah seperti gotong royong, saling menghormati, dan lain-lain.

Perwujudan Nilai-nilai Pancasila di bidang Pertahanan dan Keamanan.

Perwujudan nilai-nilai Pancasila dibidang pertahanan dan keamanan dapat kita lihat pada system yang secara tradisional terbentuk oleh masyarakat. Seperti adanya keamaan yang dibentuk dalam taraf lingkungan, seperti adanya linmas, siskamling, atau ronda malam yang dilakukan secara sukarela oleh masyarakat Indonesia, pedasaan pada umumnya.

Internalisasi nilai-nilai Pancasila telah banyak kita lihat dalam berbagai tata nilai, dan norma masyarakat Indonesia, dan utamanya sebagaimana yang eksis dalam kehidupan masyarakat pedesaan yang masih asli, belum terpapar, atau terpengaruh oleh kebudayaan asing.
Baca Juga: Menjadi Kartini di Era Milenial
Hal ini, memiliki sedikit perbedaan dengan masyarakat kota yang lebih familiar dengan kebudayaan asing. Oleh sebab itu, banyak dari mereka yang mengadopsi kebudayaan asing.

Nilai-nilai Pancasila yang hidup lama dalam kehidupan bangsa secara alami senantiasa dijalankan masyarakat. Namun demikian, pada taraf prakteknya nilai-nilai Pancasila kadang benar-benar dilupakan, terbukti dari system politik dan ekonomi kita yang dewasa ini telah keluar jalur dari rambu-rambu Pancasila. Kapitalisasi dan liberalisasi dalam bidang politik dan ekonomi telah benar-benar mengancam eksistensi dari sila-sila yang terkandung dalam Pancasila.

Demikian artikel tentang Perwujudan Nilai-nilai Pancasila dalam Berbagai Kehidupan, bagaimana menurut kalian, apakah apakah nilai-nilai pancasila telah benar-benar sudah terwujud dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di negara kesatuan republik Indonesia?

Posted by: verbal[dot]id
verbal, Updated at: 3:04 PM

0 komentar

Post a Comment

Berikan Komentarmu di Sini, Untuk Beropini, Bertukar Ide dan Sekedar Sharing..