Sunday, October 6, 2019

Perubahan Sosial Budaya sebagai Pengaruh Modernisasi

Gelombang modernisasi yang dibawah oleh revolusi industri terus menggelinding kesegala penjuru dunia. Efesiensi dan efektifitas merupakan salah satu hal yang paling menonjol dari fenomena revlusi industri tersebut. Kedua hal tersebut terus mewabah dalam dunia dewasa ini, sehingga menimbulkan perubahan baik secara sosial budaya, politik, ekonomi dan berbagai perubahan lainnya yang merupakan sebagai dampak, atau pengaruh dari adanya modernisasi.

Masyarakat modern saat ini seolah tidak banyak pilihan, seolah harus menerima gempuran perubahan dari modernisasi, jika tidak diterima maka mereka harus bersiap untuk digulung oleh derasnya arus modernisasi.

Modernisasi senantiasa menawarkan solusi dari kejumudan sisa peradaban zaman primitif yang masih tersisa, namun pada kenyataannya modernisasi tidak hanya membawa pengaruh positif sebagaimana janji-janji manisnya, arus modernisasi juga banyak membawa dampak negatif bagi suatu peradaban.

Perubahan Sosial Budaya sebagai Pengaruh Modernisasi
Dampak dari Modernisasi Menyebabkan Pola Komunikasi Mengalami Perubahan
Sebagaimana saat ini, arus modernisasi telah membawa kita pada suatu gaya hidup yang serba konsumtif dan cenderung acuh terhadap dampak lingkungan maupun sosial budaya yang ditimbulkannya.
Baca Juga: Gerakan Sosial Baru
Produk produk manusia modern saat ini telah banyak memberikan perubahandiberbagai bidang, seperti sosial budaya, politik, ekonomi, bahkan juga memberikan dampak lingkungan, yang banyak kita kenal sebagi pemanasan global –Global Warming-.

Pemanasan global sendiri merupakan dampak dari kerakusan manusia modern yang terus mengeksploitasi alam, tanpa menyadari dampak lingkungan yang akan ditimbulkan. Tidak terlalu jauh, apa yang terjadi dalam lingkungan, dan rumah tangga kita telah menjadi salah satu dampak dari adanya modernisasi, seperti pemakaian popok bayi sekali pakai yang banyak memberikan dampak lingkungan, kendaraan tidak ramah lingkungan, alih fungsi lahan hutan menjadi lahan produksi/pertanian/industry, dan berbagai kasus lain sebagai pengaruh modernisasi saat ini.

Namun demikian, disamping sederet dampak negatif dari adanya pengaruh modernisasi dalam perubahan sosial budaya, gelombang modernisasi juga membawa dampak positif bagi kehidupan, dan perubahan sosial budaya.

Adapun dampak positif dan dampak negatif dari adanya pengaruh modenisasi alam perubahan sosial budaya dapat dijelaskan sebagai berikut;

Pengaruh Positif Modernisasi Terhadap Perubahan Sosial- Budaya

1. Perubahan Cara Pandang

Modernisasi telah membawa kita pada perubahan cara pandang yang jauh lebih baik, dimana masyarakat didorong untuk dapat berfikir secara objektif pada suatu fenomena baik fenomena alam dan fenomena sosial. Perubahan cara berfikir kita saat ini membuat kita lebih percaya pada hasil ilmu pengetahuan, dari pada tahayul sebagaimana yang tidak terdapat pada masyarakat sebelum zaman modern.

Perubahan cara pandang masyarakat akibaat pengaruh modernisasi ini membuat masyarakat lebih terbuka, sehingga mau menerima kritik dan perbedaan cara pandang orang lain. Selain itu, masyarakat juga cenderung menghargai seseorang berdasarkan prestasi, dan mengesampingkan persoalan keturunan maupun gelar kebangsawanan.

Perkembangan dewasa ini, membuktikan bahwa pengaruh modernisasi telah membawa masyarakat lebihpeduli terhadap perkembangn politik dalam negaranya, sehingga mereka lebih partisipatif dalam menyuarakan apa-apa yang diyakininya untuk diperjuangkan.

2. Berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Sebagaimana yang telah disebutkan di atas, masyarakat modern saat ini telah memiliki polah piker yang berbeda dengan masyarakat sebelumnya, dimana setiap fenomena akan berusaha dijelaskan dengan ilmu dan pengetahuan, hal ini selanjutnya telah mendorong masyarakat modern menjadi masyarakat yang menguasai ilmu-ilmu alam dan ilmu sosial.

Perkembangan ilmu-ilmu tersebut selanjutnya akan membawa masyarakat lebih rasional dalam melihat sesuatu fenomena, sehingga dapat menciptakan alat-alat yang dapat membantunya dalam menghadapi fenomena alam maupun sosial yang mereka hadapi.
Baca Juga: Budaya Gotong Royong di Lamongan
Perkembangan masyarakat modern ini telah membawa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagaimana yang telah kita rasakan saat ini. Seperti komunikasi yang dipermuda dengan alat seperti smartphone maupun komputer, perpindahan orang maupun barang dipermuda dengan alat transportasi, bahkan sampai pada modifikasi cuaca, dimana masnusia dapat dengan mudah menurunkan hujan saat terjadi kemarau berkepanjangan, maupun bencana kebakaran hutan.

Pengaruh Negatif Modernisasi terhadap Perubahan Sosial-Budaya

1. Westernisasi

Arus modernisasi umumnya selalu dibawah oleh negara maju menuju negara berkembang, entah kenapa kemajuan selalu dikonotasikan dengan keberadaan negara maju, dan sebaliknya keterpurukan dan kemunduran peradaban selalu dilabelkan kepada negara berkembang.

Salah satu Pengaruh negatif dari adanya arus modernisasi adalah terjadinya westernisasi, yang mana perilaku westernisasi dapat dikatakan sebagai perilaku yang kebarat-baratan. Westernisasi sendiri banyak membawa dampak positif bagi peradaban, namun tidakjarang juga membawa arus negative bagi peradaban suatu bangsa, utamanya adalah peradaban bangsa timuryang memilikinilai dan norma yang berbeda dengan bangsa barat.

Westernisasi yang berdampak negative bagi peradaban seperti pada perilaku yang dalam sudut pandang bangsa timur, khususnya bangsa Indonesia yang mayoritas merupakan pemeluk agama islam, dan selain itu, bangsa Indonesia memiliki kebudayaan yang berbeda dengan bangsa barat.

Adapun perilaku tersebut misalnya, 1) sopan santun terhadap orang tua. Dimana arus westernisasi membawa prinsip persamaan, sehingga melupakan strata sosial berdasarkan usia. 2) Gaya hidup yang berbeda seperti klabing, miras, dan relasi antara laki-laki dan perempuan, yang jika tidak dipilah dengan baik, maka gaya hidup ini akan dicontoh tanpa pengecualian. 3) dan lain-lain

2. Pergeseran Nilai dan Norma

Sebagaimana yang telah disebutkan di atas, bahwa arus modernisasi yang akan membawa pola pikiran dan perilaku westernisasi akan membawa gaya hidup yang berbeda denganbangsa ketimuran.

Maka perilaku-perilaku tersebut akan menyebabkan pergeseran nilai dan norma yang sudah ada sebelumnya seperti.

3. Pencemaran

Masyarakat modern merupakan masyarakat industrialis, dimana mereka akan banyak merubah lahan hijau menjadi pabrik, atau beton-beton bangunan,yang selanjutnya akan berdampak bagi lingkungan, seperti pencemaran baik diudara, air maupun tanah, hal ini juga yang mendorong percepatan pemanasan global yang sudah dapat kita rasakan fenomenanya saat ini.

4. Kesenjangan Ekonomi Dan Sosial

Walaupun modernisasi membawa arus persamaan dan keadilan, namun modernisasi juga membawa sistem ekonomi yang tidakmemihak kepada kaum yang lemah. Kapitalisasi yang menjalar kesetiap kehidupan masyarakat modernsemakin tidak terkendali, dan dampaknya adalah ekploitasi terhadap alam dan sekaligus kepada manusia.

Pada masyarakat kapitalis umumnya kita mengenal piramida yang berisi Elit, Kelas Menengah, dan Kaum Proletariat.

Segi tiga tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi strata akan diisi oleh semakin sedikit orang, dan sebaliknya piramida bagian bawah akan diisi oleh masyarakat lebih banyak, dan naasnya mereka adalah kaum yang lemah secara ekonomi dan sosial.
Baca Juga: Penguatan Ekonomi Maritim dan Agrikultur di Indonesia
Oleh sebab itu, maka arus modernisasi yang senantiasa menjalar kepada setiap bangsa di dunia harus dapat di filter, sehingga tidak semua yang dibawah oleh modernisasi kita terimah dengan mentah, melainkan harus kita pilah dan pilih, sehingga tidak menimbulkan gejolak dan kerusakan pada kehidupan sosial dan budaya.

Demikianlah artikel yang membahas seputar tema perubahan sosial sebagai pengaruh modernisasi, dampak positif modernisasi terhadap perubahan sosial budaya, dampak negative modernisasi, dan pengaruh modernisasi bagi kebudayaan.

Bagaimana menurut sodara, apakah modernisasi membawah dampak lain bagi kehidupan sosial dan budaya?

Posted by: verbal[dot]id
verbal, Updated at: 8:00 PM

0 komentar

Post a Comment

Berikan Komentarmu di Sini, Untuk Beropini, Bertukar Ide dan Sekedar Sharing..