Wednesday, September 18, 2019

Modernisasi di Indonesia

Modernisasi adalah proses terus menerus menuju keadaan modern. Modern sendiri dapat diartikan sebagai sesuatu yang paling mutahir, atau gaya baru. Di Indonesia, modernisasi dilakukan dalam banyak aspek dalam kehidupan bernegara, dan sebagaimana banyak negara-negara lain di dunia, Indonesia patut berbangga karena mampu melaksanakan agenda modernisasi tersebut, walaupun masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan bangsa Indonesia dalam agenda tersebut.

Adapun beberapa agenda modernisasi yang dilaksanakan Indonesia adalah mencakup berbagai aspek, termasuk diantaranya adalah sebagai berikut;

Modernisasi di Bidang Ekonomi

Bidang ekonomi merupakan aspek yang terkena dampak dari proses modernisasi, karena modernisasi dapat mendukung produktivitas, dimana dengan dimodernisasi maka produksi dapat meningkat sedangkan waktu yang dipakai akan semakin efesien.

Modernisasi di Indonesia
Komputerisasi Merupakan Gejala Modernisasi. Sumber gambar Pixabay.com
Modernisasi dalam bidang ekonomi dapat kita lihat melalui industrialisasi, dan penggunaan mesin untuk meningkatkan produktivitas manusia. Selain itu, pemakaian pupuk dan hasil penemuan lainnya juga digunakan untuk mendukung produksi dalam bidang-bidang pertanian.

Modernisasi Bidang Politik dan Ideologi

Bidang politik dan ideologi merupakan hal krusial dalam kaitannya dengan urusan kenegraan, karena dengan bergeser/bertambah, maupun berubahnya ideologi dan politik suatunegara, maka akan terjadi perubahan diberbagai lini dalam kehidupan, sehingga politik dan ideology menjadi tiang dalam bangunan bernegara.

Baca Juga: Budaya Gotong Royong di Lamongan

Indonesia mengalami modernisasi dalam bidang politik dan ideologi. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Indonesia pernah memakai sistem demokrasi yang berbeda-beda, seperti demokrasi masa soekarno, demokrasi ala Suharto, dan demokrasi zaman reformasi yang memilliki ciri tersendiri, yang berarti Indonesia mengalami proses perubahan yang mengarah pada sistem yang lebih maju, yang berarti terjadi proses modernisasi dalam bidang politik maupun ideologi,

Modernisasi politik dan ideologi dapat kita lihat dari gejala cara pandang masyarakat terhadap politik dan ideologi, dimana masyarakat mulai meninggalkan cara pandang lama yang masih terkesan kesukuan, kedaerahan, dan berbagai identitas primordial lainnya.

Modernisasi di Bidang Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan

Modernisasi dibidang ilmupengetahuan dan pendidikanterus digalakan di Indonesia, modernisasi bidang ilmu pengetahuan misalnya terdapat berbagai lembaga baik dibawah naunganpemerintah/negara maupun lembaga swasta yang independen. Berbagai lebaga tersebut terus melakukan research dan mendapatkan pengetahuan yang paling muatahir. Salah satu lembaga yang paling popular dalam melaksanakan kegiatan research adalah LIPI.

Sedangkan dalam bidang pendidikan, Indonesia terus melakukan proses modernisasi dengan berbagai tindakan, diantaranya adalah dengan proses digitalisasi, dimana masyarakat terluar, terpinggir dan terjauh dapat mengakses pendidikan dengan bantuan internet.

Baca Juga: Penguatan Ekonomi Maritim dan Agrikultur di Indonesia

Dan dalam praktek pendidikan yang semakin modern saat ini, pendidikan dan pembelajaran zaman dahulu dimana pembelajaran berpusat pada guru telah banyak ditinggalkan, dan berganti dengan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, yang memungkinkan peserta didik lebih aktif, kritis, dan kreatif.

Modernisasi di Bidang Teknologi 

Proses Indonesia sebagai bangsa dan negara menuju kemodernan memang semakin tidak terelakkan, hal ini sebagai mana bangsa Indonesia telah mampu memproduksi alat kedirgantaraan, maupun berbagai kapal selam dan lain-lain.

Modernisasi dalam berbagi aspek tersebut banyak didorong oleh penetrasi bidang teknologi dari berbagai negara di dunia, sehingga Indonesia mampu mengembangkanteknologi yang paling mutahir hingga saat ini.

Dalam bidang teknologi, modernisasi dapat kita lihat dalam kehidupan keseharian masyarakat yang telah memakai mekanisasi dalam pertanian, kendaraan, dan hal yang tidak dapat kita lepaskan hari ini dari proses modernisasi adalah gaway atau smartphone yang hamper semua kepala telah menggunakan alat tersebut sebagai alat komunikasi, mapun sebagai komputer.

Modernisasi di Bidang Keagamaan

Proses modernisasi yang melanda Indonesia rupanya juga terjadi pada bidang keagamaan, dimana masyarakat sebagai pemeluk agama tertentu semakin mudah untuk bertoleransi kepada pemeluk agama maupun keyakinan lain.

Walaupun sebenarnya persoalan toleransi dalam beragama masih terdapat PR besar bagi bangsa Indonesia, namun menurut trendnya kita dapat melihat bahwa bangsa Indonesia telah bergeser menjadi semakin baik dan modern.

Modernisasi di Bidang Komunikasi, Informasi, dan Transportasi

Modernisasi yang terjadi diberbagai negara, termasuk Indonesia yang paling mencolok dan kasat mata adalah modernisasi dibidang komunikasi, informasi, dan transportasi.

Dibidang komunikasi misalnya, kita telah mengenal gadget dan internet yang semakin memudahkan kita untuk proses komunikasi. Dimana dahulu kita menggunakan surat, dan burung sebagai media untuk mengantarkan surat.

Sedangkan dalam bidang informasi kita semakin terbuka dengan adanya internet. Kita dapat mengakses informasi apapun melalui media internet yang hari ini telah benar-benar membuat dunia mengecil dan mendekat dari satu wilayah ke wilayah yang lain.

Sejalan dengan kemajuan di atas, proses modernisasi yang paling kentara dapat kita lihat adalah dalam bidang transportasi. Dimana semua alat transportasi hari ini telah menggunakan mekanisasi dan telah meninggalkan kendaraan yang bersifat organisme hidup.

Baca Juga: Budaya Politik di Indonesia

Proses modernisasi telah benar-benar membuat Indonesia semakin bergeser dari yang tertinggal menjadi semakin maju. Namun demikian, proses modernisasi juga banyak menghilangkan kearifan lokal, dan berbagai nilai yang sebetulnya baik dank has Indonesia.

Oleh sebab itu dalam proses Indonesia yang semakin modern ini kita harus semakin waspada dan berhati-hati, agar tidak meninggalkan jati diri kita sebgai bangsa Indonesia.

Demikianlah artikel tentang modernisasi di Indonesia. Bagaimana menurut seaudara, apakah modernisasi di Indonesia telah sesuai dengan jalur kita sebagai bangsa Indonesia yang memiliki ciri khas dan jati diri bangsa?

Posted by: verbal[dot]id
verbal, Updated at: 3:47 PM

0 komentar

Post a Comment

Berikan Komentarmu di Sini, Untuk Beropini, Bertukar Ide dan Sekedar Sharing..