Thursday, September 12, 2019

Karakteristik Negara Maju dan Negara Berkembang di Dunia

Verbal.id- Tahukah kita Pengertian negara maju dan berkembang Negara maju memiliki perbedaan dengan negara berkembang, baik secara kualitas hidup maupun kapasitas para penduduknya. Pada umumnya, negara maju adalah adalah negara yang memiliki teknologi tinggi dan tingkat ekonomi yang merata. Sedangkan negara berkembang memiliki karakteristik teknologi dan ekonominya berada pada taraf sedang, rendah, atau sedang berkembang.

Bagaimana ciri-ciri negara maju dan negara berkembang?, dan bagaimana perbedaan negara maju dan negara berkembang? Berikut ini kami uraikan materi tentang negara maju dan negara berkembang, mari kita pelajari agar menambah pengetahuan kita.

Karakteristik negara Maju

Untuk lebih jelas dalam membahas karakteristik negara maju, berikut kami uraikan beberapa karakteristik negra maju sebagai berikut;

1. Pendapatan per Kapita yang Tinggi

Negara maju memiliki ciri-ciri dengan pendapatan perkapita yang tinggi, hal ini secara langsung maupun tidak langsug akan mendongkrak perekonomian negra menjadi lebih tinggi, hal ini membuat nilai ekonomi negra tersebutmenjadi lebih tinggi. Oleh sebab itu, kemiskinan akan lebih mudah dihadapi/ditanggulangi.

Baca Juga: Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara

2. Kecilnya Angka Pengangguran

Negara maju memiliki rasio pengangguran yang lebih rendah dibanding dengan negara yang sedang berkembang, karena negara maju penduduknya mudah mendapatkan pekerjaan, hal ini juga mengakibatkan Tingkat Kemiskinan yang Rendah di negara Maju.

3. Laju Pertumbuhan Penduduk yang Rendah

Laju pertumbuhan penduduk di negara maju umumnya memiliki laju pertumbuhan yang rendah, karena masyarakat pada negara maju umumnya memiliki pemikiran yang lebih logis, hal ini berbeda dengan negara berkembang yang terkadang pemikiran penduduknya masih diwarnai dengan mitos, maupun hal tidak berdasarkan ilmu pengetahuan lainnya.

4. Tingkat Pendidikan Penduduk yang Tinggi

Di Negara berkembang, penduduknya kadang memiliki pemikiran bahwa pendidikan merupakan sesuatu yang terpisah dari kehidupan manusia, artinya baik orang yang memiliki pendidikan tinggi maupun pendidikan rendah tidak memiliki pengaruh terhadap kehidupannya.

Karakteristik Negara Maju dan Negara Berkembang di Dunia
Ilustrasi Negara Maju. Sumber Gambar: Pixabay.com
Hal ini berbeda dengan masyarakat negara maju yang kebanyakan berfikir bahwa pendidikan merupakan hal yang harus ditempuh dalam kehidupan manusia, karena dengan pendidikan yang lebih baik seseorang diharapkan mampu menyelesaikan persoalan kehidupannya dengan lebih muda, serta ada kesempatan yang lebih baik bagi individu yang memiliki pendidikan yang lebih tinggi. Hal ini membuat negara maju memiliki tingkat pendidikan yang lebih tinggi dibanding dengan negara yang mesih berkembang.

5. Kemajuan Teknologi yang Tinggi

Dengan pendidikan yang lebih tinggi, maka banyak pengetahuan baru yang dapat ditemukan oleh suatu peradaban, hal inilah yang membuat kemajuan teknologi negara meju lebih tinggi dibanding dengan negara berkembang yang tingkat pendidikannya lebih rendah.

6. Industrialisasi Berkembang Pesat

Masyarakat dengan pendidikan lebih baik umumnya memiliki pemikiran lebih efisien disbanding dengan negara berkembang, hal ini membuat masyarakat pada negara berkembang menemukan banyak teknologi yang mampu membantu segala kebutuhan yang mereka perlukan. Selanjutnya system produksi pada negara maju dikondisikan sedemikian rupa sehingga lebih mudah, dan lebih cepat. Hal ini mendorong industrialisasi pada negara maju berkembang pesat.

7. Tingkat Ekspor Lebih Tinggi Dibanding Impor

Industrialisasi yang meningkat membuat negara maju memiliki produksi barang dan jasa yang lebih tinggi, hal ini membuat negara maju membutuhkan pasar yang lebih luas, dan solusinya adalah melakukan ekspor kenegara lain. Di lain pihak, negara berkembang biasanya membutuhkan produk-produk yang dibuat oleh negara maju.

Baca Juga: Interaksi Antar Negara-Negara Asean

8. Keamanan Terjamin

Dengan kesejahteraan yang relative merata, tingkat kriminalitas di daerah tersebut akan mengalami kesetabilan. Artinya kriminalitas dapat dikendalikan dengan baik. Di negara maju juga mengalami hal yang sama, sebut saja negara Belanda yang penjaranya ditutup karena tingkat kriminalitas yang semakin mendekati nihil.

9. Kesehatan Terjamin

Selain keamanan yang yang sudah terjamin, negara maju memiliki pejabat yang berintegritas, selain itu masyarakat yang logis membuat kesadaran akan pentingnya kesehatan bagi masyarakat menjadi prioritas, sehingga kesehatan dalam negara tersebut terbilang terjamin.

Kriteria Negara Berkembang

Untuk lebih memahami perbedaan negara maju dengan negara berkembang maka penting untuk kita mengetahui kriteria/ ciri-ciri negara yang sedang berkembang. Sebagai berikut;

1. Pendapatan Rendah

Negara berkembang biasanya memiliki pendapatan yang rendah, hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, dan salah satunya adalah penerimaan pajak negara yang terbilang masih kurang signifikan. Hal ini disebabkan karena selain kesadaran akan pentingnya membayar pajak rendah, juga disebabkan oleh tingkat pengangguran yang terbilang tinggi, hal ini selanjutnya mempengaruhi menurunnya pendapatan negara.

2. Kriminalitas dan kesehatan tidak terjamin

Dengan pemikiran masyarakat pada negara berkembang yang masih dipengaruhi oleh mitos dan hal lain yang tidak berdasar pada pemikiran yang logis/sesuai dengan ilmu pengetahuan, maka kesadaran bersama terkait dengan pembangunan fasilitas umum dan ruang bersama umumnya masih kurang, hal ini membuat kurang diperhatikannya kesehatan masyarakat oleh negara.

Sedangkan tingkat pendapatan masyarakat yang tidak merata pada negara berkembang membuat potensi konflik horizontal mudah sekali naik kepermukaan. Selain itu, banyaknya masyarakat yang berekonomi dibawah angka kemiskinan membuat potensi tindakan kriminal meningkat, hal ini membuat keamanan di negara berkembang dapat dikatakan tidak terjamin.

Baca Juga: Peranan Pers Dalam Masyarakat Demokrasi

Penyebab dari tingkat kriminalitas tinggi di negara berkembang selain persoalan ekonomi, diantaranya adalah dikarenakan banyaknya pejabat korup, dan tidak jujur dan lain-lain

3. Perkembangan Jumlah Penduduk Yang Tidak Terkendali

Dinegara berkembang tingkat perkembangan penduduknya sulit untuk dikendalikan, hal ini akibat kurangnya edukasi dan fasilatas kesehatan

4. Impor Lebih Besar Dari Ekspor

Akibat tingkat edukasi SDM yang terbilang rendah, dan tidak terkelolahnya SDA dengan maksimal, membuat negara berkembang tidak mampu memproduksi barang dan jasa yang membutuhkan teknologi tinggi, hal ini membuat negara berkembang menjadi pengekspor hasil produksi/barang jadi dari negara-negara maju

5. Tingkat Pengangguran Tinggi

Diantara efek domino dari tingkat edukasi yang masih terbilang kurang, adalah tingkat pengangguran yang tinggi. Hal ini terjadi di negara berkembang walaupun demikian, di negara maju juga masih dapat kita temui para pengangguran dan tunawisma, namun jumlahnya sangat kecil.

Demikianlah artikel yang membahas tentang kriteria negara berkembang dan negara maju di dunia.

Posted by: verbal[dot]id
verbal, Updated at: 11:05 PM

0 komentar

Post a Comment

Berikan Komentarmu di Sini, Untuk Beropini, Bertukar Ide dan Sekedar Sharing..