Wednesday, May 8, 2019

Pengertian Budaya Lokal, Fungsi dan Contohnya

Pengertian budaya lokal biasanya merujuk pada suatu kebudayaan yang berkembang dalam suatu masyarakat/komunitas. Dinamakan budaya lokal karena budaya tersebut hidup dan berkembang serta mendapat pengakuan dari warga setempat dimana budaya tersebut dilahirkan. Budaya lokal tersebut dapat digunakan sebagai pembeda antara satu daerah dengan daerah yang lain, karena setiap daerah akan memiliki corak yang berbeda, walaupun kadang masih memiliki kedekatan secara garis besarnya. Nah, bagaimana pengertian budaya lokal/ pengertian budaya lokal menurut ahli/ makna budaya local/ contoh budaya lokal/ fungsi budaya lokal/ dan sifat budaya lokal?

Baca Juga: Konsep Pewarisan Budaya pada Masyarakat

Budaya lokal adalah merupakan suatu sikap, pola perilaku seseorang  yang berhubungan dengan interaksi terhadap alam, masyarakat, dan lingkungan sekitarnya. Budaya lokal hidup dengan menyesuaikan dengan nilai-nilai, agama, adat-istiadat dan falsafah leluhur yang diturunkan kepada generasi penerus baik melalui tradisi lisan maupun tulisan.

Budaya Lokal Menurut Para Ahli

Sebelum kita menyimpulkan apa, bagaimana dan untuk apa budaya lokal, terlebih dahulu kita harus memahami beberapa konsep yang sudah dibangun perihal budaya local, hal ini penting untuk menambah wawasan kita tentang pengertian budaya lokal, agar tidak terjebak pada satu pengetian yang justru kadang kontra produktif dengan makna budaya local yang sesungguhnya.

Berikut adalah pengertian budaya lokal (local wisdom) menurut beberapa ahli;

  1. W Ajawailah mengungkapkan bahwa budaya lokal adalah suatu ciri khas dari suatu kelompok masyarakat lokal (peradaban masyarakat lokal)
  2. Mitchel mengartikan budaya lokal sebagai suatu nilai-nilai inti, norma, moral, pengetahuan, dan standar hukum yang digunakan suatu individu dalam interaksinya dengan masyarakat, bagaimana memandang dirinya dan masyarakat.
  3. Murphy dan Hildebrand menunjukkan bahwa budaya lokal merupakan suatu karakteristik perilaku dalam suatu masyarakat
  4. 3Dalam KBBI budaya lokal dapat kita cari kedalam dua suku kata, yaitubudaya dan lokal. budaya berarti sebagai suatu pikiran, akal budi, adat istiadat. Sementara lokal berarti ruang, suatu tempat, setempat.

Pengertian Budaya Lokal Fungsi dan Contohnya
Karnaval Budaya Indonesia/ Sumber gambar: pixabay.com
Dari beberapa uraian pengertian budaya lokal tersebut dapat kita simpulkan bahwa budaya lokal adalah suatu cara pandang, cara bersikap, berinteraksi, sistem nilai, norma, dan standart pengetahuan yang digunakan masyarakat untuk berinteraksi dengan alam, lingkungan sekitar, dan hubungan transendental (bersifat kerohanian) dalam suatu masyarakat lokal.

Fungsi Budaya Lokal

Budaya lokal sama halnya dengan budaya daerah; seperti budaya daerah Jakarta, budaya daerah jawatimur, budaya daerah Kalimantan, budaya derah aceh, dan seterusnya.

Baca Juga: Perbedaan Budaya di Indonesia

Budaya lokal sendiri memiliki fungsi sebagai suatu pengikat hubungan sosial, membentuk pola sikap, sumber inspirasi dan motivasi, serta sebagai identitas sosial.

  1. Budaya lokal sebagai sutau pengikat hubungan sosial; dalam hal ini dapat kita pahami budaya local sebagai suatu sistem nilai yang dapat mengikat individu-individu kedalam suatu komunitas yang memiliki sistem nilai yang sama. 
  2. Membentuk pola sikap; karena budaya lokal merupakan suatu kumpulan nilai-nilai dan norma yang dianut oleh suatu masyarakat, maka masyarakat tersebut akan menggunakan nilai dan nora tersebut sebagai suatu standart dalam berinteraksi, bersikap dan berperilaku, dan selanjutnya budaya local dapat membentuk masyarakat dalam bersikap.
  3. Budaya lokal sebagai sumber inspirasi dan motivasi; kita banyak melihat banyak hal yang berawal dari budaya local, seperti perilaku organisasi, karya seni dan lain-lain. Batik misalnya, banyak corak yang dihasilkan dari nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat setempat, hal ini membuktikan bahwa budaya local dapat digunakan sebagai sumber inspirasi dan motivasi.
  4. Budaya lokal sebagai identitas sosial; hal ini sebenarnya adalah hal yang paling pokok yang dpat kita saksikan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya orang Madura dapat kita kenali dari cara dia berbicara dan berpakaian, orang batak dapat kita kenali dari sikap dan cara berbicaranya, dan seterusnya. Hal ini cukupuntuk mengatakan bahwa budaya lokal adalah identitas suatu masyarakat. 

Budaya Lokal pada umumnya bersifat?

Budaya lokal adalah sistem nilai yang dimiliki bersama dan telah berjalan dalam tempo yang panjang, turun-temurun, oleh karena itu budaya lokal pada umumnya akan lebih cenderung untuk bersifat konserfatif, namun tidak jarang juga ditemukan budaya lokal yang dinamis, walaupun jumlahnya tidak besar.

Konserfatif artinya budaya local akan bertahan dan kukueh pada pendirian dan nilai-nilai awal yang telah dianutnya, bersifat mapan. Walaupun demikian, kita melihat juga banyak budaya local yang telah mengalami perubahan digerus oleh arus globalisasi, hal ini menunjukkan bahwa sifat konserfatif pada budaya local tetap akan dapat pudar jika tidak dijaga oleh pemilik kebudyaan tersebut.

Contoh Budaya Lokal

Diantara banyaknya budaya local yang dimiliki bangsa indonesia, berikut adalah beberapa budaya lokal yang dapat kita lihat eksistensinya sampai dengan hari ini;

  1. Pakaian adat; hampir setiap daerah di indonesia memiliki karakteristik pakaian adat yang berbeda-beda, sepeti pakaian adat jawatimur, jawabarat, Kalimantan, papua, sumatera, Sulawesi dan lain-lain 
  2. Wayang; wayang juga merupakan budaya lokal yang masih eksis sampai saat ini, kesenian ini masih banyak kita jumpai dipertunjukkan. Daerah yang masih kental dengan budaya ini adalah masyarakat jawa barat dan jawa timur.
  3. Tarian; ditengah banyaknya gempuran seni tari modern, kita masih banyak menjumpai kelestarian budaya local yang berupa tarian tersebut. Dari ujung timur indonesia, sampai ujung barat indonesia memiliki banyak jenis tarian yang dimiliki setiap daerah. Misalnya Jaipong, Remo, dan lain-lain.
  4. Pencak silat; pencak silat adalah jenis beladiri yang khas dimiliki bangsa indonesia yang sukses diimpor keberbagai belahan dunia.
  5. Reog; daearah yang dikenal dengan kesenian ini adalah ponorogo, walaupun demikian, ternyata dibeberapa daerah lain di indonesia sebenarnya juga memiliki budaya reog.
  6. Dan lain-lain

Baca Juga: Konsep Dinamika Kebudayaan

Demikian adalah merupakan penjelasan tentang budaya lokal. Indonesia merupakan bangsa yang dianugerahi banyak budaya local yang patut kita lestarikan agar tidak punah ditelan oleh arus globalisasi yang semakin menghimpit kebudayaan tersebut. Dan sayang sekali jika kebudayaan yang telah turun-temurun tersebut diambil oleh bangsa lain sepertiyang pernah terjadi pada kesenian reog dan batik.

Posted by: verbal[dot]id
verbal, Updated at: 6:49 PM

0 komentar

Post a Comment

Berikan Komentarmu di Sini, Untuk Beropini, Bertukar Ide dan Sekedar Sharing..