Wednesday, April 24, 2019

10 Skill Yang Harus Dimiliki Dimasa Depan

Pernahkah kita berfikir pekerjaan apa saja dimasa lalu yang sudah tidak lagi ada di masa sekarang? Skill apa saja yang harus dimiliki untuk menghadapi tantangan dimasa depan? Ternyata ada bebrapa pekerjaan dimasa lalu yang tidak lagi ada di masa sekarang. Gambaran itu pula lah yang akan terjadi dimasa depan. Akan ada perkerjaan baru yang perlu dipersiapkan skillnya mulai hari ini, dan begitu pula akan ada pekerjaan yang menghilang karena dianggap tidak dibutuhkan lagi oleh manusia.

Untuk menghadapi tantangan pekerjaan dimasa mendatang tersebut, kita harus memiliki hard skill yang mumpuni agar dapat bersaing dengan para pemburu perkerjaan yang lain. Selain hard skill yang harus kita miliki, kita harus memperkaya diri kita dengan soft skill agar kopetensi yang kita miliki akan semakin lengkap.
Diantara skil-skil yang harus kita miliki dimasa depan adalah sebagai berikut;

1 Komunikasi

Kemampuan berkomunikasi adalah termasuk kedalam soft skill yang harus kita miliki untuk bersaing di dalam dunia kerja masa depan. Dengan kemampuan berkomunikasi yang baik kita akan dapat mengambil banyak kesempatan untuk sukses dimasa depan.

Baca Juga: Paradoks Perpeloncoan Mempelai Pengantin

Sebagai pencari kerja kita akan diperhitungkan jika memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, begitu juga jika kita telah berkarir dan menepati suatu posisi, maka kemampuan berkomunikasi akan membantu kita untuk merangkak naik pada posisi/jabatan yang lebih baik.

2 Kemampuan Bekerja Sama

Tidak semua pekerjaan dapat diselesaikan sendiri, hal ini juglah yang membuat para pemilik perusahaan menyerahkan pekerjaan strategis kepada orang lain, karena memang tidak mungkin suatu pekerjaan dalam perusahaan dapat diselesaikan secara mandiri oleh seorang boss. Selain itu, dengan bekerja sama maka sebuah pekerjaan akan lebih mudah, dan lebih cepat untuk diselesaikan.

Oleh sebab itu, kemampuan untuk berkerja sama menjadi nilai positif bagi kita untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

3 Kemampuan Beradaptasi

Seiring dengan perkembangan, kita akan mengalami perubahan-perubahan yang menuntut kita untuk beradaptasi dengan keadaan tersebut. Misalnya saja, ketika kita lulus dari sekolah dasar dan masuk ke sekolah menengah akan banyak hal yang mengalami perubahan, disitulah kita harus melakukan adaptasi agar dapat menikmati lingkungan yang berbeda tersebut.

Baca Juga: Alasan Kenapa Keturunan Etnis China Kaya Raya

Hal ini juga terjadi didunia kerja, dimana keadaan dan posisi kita kadang tidak menentu, oleh sebab itu skill yang harus kita miliki dimasa depan adalah kemampuan untuk beradaptasi agar dapat menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang menjadi beban kita dengan lebih enjoy..

4 Kemampuan Menyelesaikan Masalah  (Problem Solving)

10 skill yang dibutuhkan dimasa depan
pixabay.com
Kemampuan menyelesaikan masalah adalah senjata yang harus kita miliki dimasa depan, karena dengan skill ini kita akan dengan mudah melihat adanya kesempatan untuk memulai usaha, dan kita juga dapat menyelesaikan permasalahan yang sedang kita hadapi, sehingga kita mampu untuk bertahan ditengah persaingan yang semakin menantang dimasa depan.

5 Networking

Selain berbagai keahlian yang harus kita miliki, dimasa depan kita juga harus menyiapkan diri dengan melebarkan sayap dalam koneksi dan networking lainnya. Networking akan banyak membantu kita dalam mendapatkan kesempatan, hal ini sudah kita lihat mulai dari hari ini,betapa orang-orang yang memiliki skill tinggi namun dapat dikalahkan oleh orang-orang yang memiliki jaringan. Di sinilah kita melihat pentingnya networking disiapkan sejak mulai hari ini.

6 Leadership

Kita banyak menyaksikan bahwa orang-orang yang menuai kesuksesan hari ini adalah orang-orang yang memiliki kemampuan dalam kepemimpinan. Kemampuan dalam leadership ini dapat digunakan untuk mengelola sumberdaya yang ada didepan kita untuk dapat membantu kita dalam meraih apa yang telah kita cita-citakan, disisi lain kemampuan leadership tidak hanya memanfaatkan orang, namun juga memberikan dampak positif bagi orang-orang yang telah berkeja sama dengan kita.

7 Positif Dan Percaya Diri

Banyak orang yang mengalami kegagalan bahkan kurang dari selangkah lagi mereka akan meraih kesuksesan, namun karena kurangnya rasa percaya diri maka mereka memilih untuk menyerah dari apa yang telah mereka usahakan sebelumnya. Oleh sebab itu, rasapercaya diri dan positif dalam menghadapi segala sesuatu akan menjadi kunci kesuksesan dimasa depan.

8 Daya Pikir Analitis

Dalam menghadapi suatu permasalahan, kita akan berfikir keras untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Namun dengan kemampuan berfikir kritis kita akan dapat menyelesaikan segala persoalan sampai pada akar permasalahannya. Karena kita dapat menemukan unsur-unsur utama yang menjadi sumber persoalan, dan selanjutnya kita dapat menemukan solusi dari segala persoalan tersebut.

9 Kreatif, Original, inovatif Dan Inisiatif

Rasanya kita semua sudah mengenal kalimat “lihat, amati, dan modivfikasi”, ini bukan hanya sembarang kata bijak, karena pada kenyataannya kita banyak melihat banyak produk-produk dipasaran yang memiliki banyak kesamaan. Dapat diduga itu adalah hasil dari proses melihat, mengamati, dan memodifikasi.

Baca Juga: Bunga Sakura UIN Malang Mekar Kembali

Walaupun memiliki banyak kesamaan, sebuah produk harusmemiliki nilai tawar tersendiri untuk dapat bersaing dengan lawan produknya, oleh karena itu diperlukan kemampuan kreatif untuk dapat menciptakan sesuatu yang baru. Kemampuan-kemampuan itu akan membuat kita lebih original dan inisiatif.

10 Kemampuan Programing Dan Design

Dalam menghadapi revolusi industry 4.0 ini, kedepan akan banyak pekerjaan yang membutuhkan kemampuan programing dan design, sementara itu, masih sedikit sekalisumberdaya yang dapat mengisi posisi tersebut. Hal ini menjadi kesempatan besar bagi kita yang menguasai kemampuan tersebut.

Selain dapat memulai usaha sendiri, dengan skill tersebut kita juga dapat menggait perhatian perusahaan-perusahaan yang telah mapan untuk mempekerjakan kita.

Posted by: verbal[dot]id
verbal, Updated at: 4:28 PM

0 komentar

Post a Comment

Berikan Komentarmu di Sini, Untuk Beropini, Bertukar Ide dan Sekedar Sharing..