Wednesday, March 27, 2019

Cinta Tanah Air

Cinta tanah air. Indonesia memiliki banyak kekayaan yang kadang tidak dimiliki oleh negara lain, yang sayang sekali jika kekayaan dan asset-aset bangsa tersebut diambil oleh negara lain. Sebagaimana yang pernah terjadi pada kasus klaim reog dan batik oleh negara tetangga kita. oleh sebab itu kita harus senantiasa menjaga dan merawat kekayaan kekayaan milik bangsa tersebut. Kasus tersebut setidaknya memberi tahu kita bahwa kekayaan bangsa indonesia merupakan harta yang banyak menggoda bangsa lain untuk memilikinya, dan sayang sekali jika kita menyia-nyiakan hal tersebut sehingga orang lain dapat mengambilnya tanpa kita ketahui. Satu-satunya cara agar kekayaan bangsa indonesia tidak diambil oleh negara lain adalah dengan meningkatkan rasa cinta tanah air.

Wibowo (2013) menyebut cinta tanah air sebagai cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menuju kepada kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang dianut bangsa. Lalu bagaimana cara kita meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air? Berikut adalah beberapa hal yang dapat meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air;

Bersikap Patriotisme

Sikap patriotism adalah sikap berani, pantang menyerah, dan relah berkorban demi bangsa dan negara. Sikap patriotism adalah sikap yang dapat dimiliki oleh siapapun tidak terkecuali. Kita sebagai masyarakat biasa juga bisa memiliki sikap kesatria ini. Sikap patriotism dapat meningkatkan rasa cinta kita terhadap tanah air.

Baca Juga: Membentuk Karakter Cinta Tanah Air di Sekolah

Tidak Melupakan Budaya Dan Tradisi

Budaya dan tradisi adalah akar dari kesetiaan kepada negara, karena budaya dan tradisi memberikan kesan kepada seseorang yang mendalam, oleh sebab itu jika suatu masyarakat memegang kebudayaan dan tradisi selama berabad-abad kemudian tiba-tiba tidak bisa melakukan tradisi-tradisi dan kebudayaan-kebudayaan tersebut, maka orang tersebut akan merasa sangat kehilangan.

Cinta Tanah Air
pixabay.com
Namun demikian, kebudayaan dan tradisi dapat menghilang secara perlahan-lahan, hal ini biasanya dikarenakan oleh hadirnya kebudayaan baru sehingga masyarakat terlena dan secaraperlahan dapat melupakan kebudayaannya sendiri.

Meningkatkan Kerukunan Sesama Warga Masyarakat

Kehangatan dan berwarga negara dapat meningkatkan rasa cinta tanah air, karena suasana yang hangat antar warga negara dapat membuat sesama warga negara saling menjaga dan melindungi dari gangguan yang dapat mengancam.

Baca Juga: Problematika Pendidikan di Indonesia

Memakai Produk (teknologi, budaya, karya) dalam Negeri

Ditengah serbuan produk-produk dari luar negeri, indonesia berada dalam bahaya, mengingat produk-produk dari dalam negeri masih memiliki daya saing yang rendah jika dibandingkan dengan produk impor, ditambah lagi ada keyakinan dari masyarakat bahwa produk impor lebih baik dari produk dalam negeri.

Hal ini lebih para berakibat pada lunturnya rasa cinta tanah air, kondisi ini disebabkan oleh adanya globalisasi dan gempuran produk-produk baik kebudayaan maupun teknologi yang terus menerus mengikis kepercayaan diri masyarakat indonesia terhadap produk dalam negeri.

Mengenal Kekayaan Bangsa

Dengan mengenal kekayaan yang dimiliki oleh negara kita akan melihat potensi kita terhadap negara lain, hal ini dapat meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air karena rasa percaya diri kita akan meningkat, yang selanjutnya menumbuhkan rasa bangga dan penghargaan setinggi-tingginya kepada tanah air.

Patuh dan menjalankan peraturan beserta sanksi yang telah ditetapkan

Sikap tidak patuh terhadap peraturan dan sanksi yang telah ditetapkan negara dapat menimbulkan memudarnya rasa cinta terhadap tanah air. Karena satu pelanggaran yang tidak mendapat penindakan sanksi sebagaimana semestinya akan membuat orang lain merasa tidak mendapat keadilan dan selanjutnya rasa cinta tanah air akan terus memudar.

Baca Juga: Islam dan Demokrasi

Oleh sebab itu, patuh dan menjalankan peraturan serta sanksi yang telah ditetapkan adalah hal yang penting dalam berwarga negara.

Hal-hal diatas merupakan beberapa hal yang dapat meningkatkan sikap dan karakter cinta tanah air. Sebagaimana negara-negara maju, biasanya memiliki sikap pengahargaan dan percaya diri di depan masyarakat dari negara lain. Hal ini berbeda dengan negara berkembang yang relative mengekor terhadap kebudayaan dan arah kemajuan yang dibuat oleh negara-negara lain (negara maju)

Posted by: verbal[dot]id
verbal, Updated at: 11:56 PM

0 komentar

Post a Comment

Berikan Komentarmu di Sini, Untuk Beropini, Bertukar Ide dan Sekedar Sharing..