Sunday, November 11, 2018

Upaya-upaya Meningkatkan Kerja Sama di Antara Negara-Negara ASEAN

Gambar hanya Ilustrasi/ Sumber Gambar: https://inspiratorfreak.com/wp-content/uploads/2016/10/FreeVector-Global-Business-Background-1.jpg
Upaya peningkatan kerja sama antar negara-negara asean dilakukan dengan tiga arah besar, yang lebih dikenal dengan tiga pilar ASEAN dalam rangka menuju menuju pasar bebas regional asean (MEA), tiga pilar tersebut adalah kerja sama di bidang politik-keamanan, social budaya dan ekonomi. Dalam mewujudkan tiga pilar tersebut, diperlukan adanya konsistensi, keterbukaan, saling menghormati, kesetiakawanan, sudut pandan “kita”, dan kedinamisan dalam menjalankan kerja sama. upaya upaya meningkatkan kerja sama di asean/ upaya upaya untuk meningkatkan kerjasama negara negara asean/ upaya meningkatkan kerjasama di bidang ekonomi/ jelaskan upaya upaya meningkatkan kerjasama diantara negara negara asean/ upaya meningkatkan kerjasama asean di bidang ekonomi/ jelaskan upaya meningkatkan kerjasama antar negara asean di bidang politik dan keamanan/ upaya meningkatkan kerjasama antar negara asean di bidang ekonomi/ upaya meningkatkan kerjasama antar negara asean di bidang sosial budaya

Masyarakat ASEAN berkomitmen untuk bersama-sama mengatasi permasallahan kemiskinan, ketenagakerjaan, dan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu ASEAN berkomitmen dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia, kualitas lingkungan hidup. Adanya Masyarakat Ekonomi Asia Tenggara akan membuat terbukanya akses untuk seluruh warga negara anggota ASEAN untuk meningkatkan kualitas, atau berkarir di dunia pendidikan, lingkungan hidup,   kebudayaan, kesehatan, serta ilmu pengetahuan dan teknologi.

Peningkatan Kerja Sama Dalam Bidang Politik Dan Keamanan

Dalam bidang politik dan keamanan, Asean berkomitmen meningkatkan pelayanan yang terbaik bagi setiap warga negara, dan dalam pengambilan keputusan asean akan melibatkan keikutsertaan masyarakat sipil. Selanjutnya, setiap warga negara diharapkan memiliki sikap saling menghormati setiap kebudayaan dari daerah, dan negara lain, menghormati identitas dari setiap warga negara dari berbagai negara, hal ini untuk menciptakan masyarakat, dan sekaligus mewariskan sikap bagi generasi penerus agar dapat menjadi wilayah yang damai, aman, dan sejahtera.

Dalam mensikapi konflik-konflik negara-negara adikuasa, Asean melihat untuk tidak terlibat dalam konflik tersebut, sebagaimana yang disepakati dalam pertemuan di kuala lumpur, dan selanjutnya mendeklarasikan diri sebagai kawasan yang damai, bebas, dan netral atau lebih dikenal dengan ZOPFAN (Zone of Peace, Freedom, and Neutrally). Selain hal-hal di atas, peningkatan kerja sama negara-negara di kawasan asia tenggara di bidang politik dan keamanan, adalah sebagai berikut;

a.      Mengadakan perjanjian ektradisi, atau menyerahkan pelarian yang tertangkap kepadanegara asal.
b.      Bersepakatan untuk asea tenggara bebas dari senjata nuklir.
c.       Penjalinan kerja sama untuk mencitakan suasana asia tenggara yang aman dan stabil.

Kerja Sama Negara Asean Di Bidang Ekonomi

Peningkatan kerja sama negara-negara di kawasan Asia Tenggara di bidang ekonomi meliputi perdagangan ekspor-impor barang mentah, setengah jadi dan barang jadi, pengiriman tenaga kerja, pengelolaan tanaman pangan, dan lain-lain.

Peningkatan Kerja Sama Negara-Negara Asean Bidang Social Budaya

Peningkatan kerja sama negara-negara di kawasan asia tenggara dalam bidang social dan budaya meliputi program pertukaran seni dan budaya, program beasiswa, peningkatan kesehatan (pangan dan obat-obatan), festival film, tourism, serta gelaran Sea Game dua tahun sekali, dan lain-lain. Kerja sama bidang sosial & budaya ini dilaksanakan COSD (Committe on Social Devolepment).

Penyelenggaraan sea game tidak hanya akan berpengaruh terhadap bidang social budaya saja, karena even persahabatan antar negara-negara di kawasan asia tenggara ini juga mempertandingkan bidang bidang lain, mulai dari atletik, sampai olah raga yang paling menyita banyak perhatian halayak ramai, sepak bola.

Kerja Sama di Bidang Pendidikan

Peningkatan kerja sama antar stake holder di kawasan asia tenggara dalam bidang pendidikan misalnya kiita dapat melihat mulai banyak program kerja sama antar sekolah, dan perguruan tinggi. Baik swasta maupun negeri.

Dalam upaya peningkatan kerja sama antar negara-negara di kawasan asia tenggara ini, seyogyanya Indonesia bisa meningkatkan daya tawarnya, karena Indonesia adalah negara yang memiliki banyak keunggulan baik dalam pilar politik dan keamanan/kultural, budaya, dan dalam pilar ekonomi, sebagai berikut;
a.      Dalam pilar keamanan, Indonesia masih diyakini sebagai negara yang memiliki pasukan keamanan terkuat di kawasan asia tenggara, dan secara historis Indonesia adalah salah satu pendiri gerakan-gerakan regional termasuk di dalamnya adalah ASEAN, oleh sebab itu Indonesia mestinya memiliki nilai tawar lebih jika dibandingkan dengan negara-negara lain.
b.      Dalam pilar kultural, Indonesia adalah merupakan negara kepulauan yang membuatnya memiliki kebudayaan terkaya jika dibandingkan dengan negara di kawasan asia tenggara lainnya, sehingga akan memiliki daya tarik tersendiri.
c.       Pilar ekonomi, indonesia memiliki potensi besar jika ditangani dengan baik. Karena Indonesia memiliki sumber daya yang cukup memadai, baik SDA maupun SDM. Selanjutnya hanya dibutuhkan keseriusan.


Indonesia masih terlihat masih terseog-seyog jika dibandingkan dengan negara tetangga. Hal ini tentu memprihatinkan jika mengingat Indonesia yang memiliki kawasan, sumber daya alam, dan jumlah sumber daya manusia produktif terbesar di kawasan asia tenggara. Hal ini tentu akan menjadikan koreksi bagi kita semua. Jangan sampai Indonesia hanya menjadi target pasar, oleh karena itu, kita harus ikut serta berkarya, jangan hanya menjadi penonton, apa lagi di negeri sendiri. 

Posted by: verbal[dot]id
verbal, Updated at: 6:09 PM

0 komentar

Post a Comment

Berikan Komentarmu di Sini, Untuk Beropini, Bertukar Ide dan Sekedar Sharing..