Thursday, November 8, 2018

Pentingnya Belajar Teknik Informasi / Informatika

Pentingnya Belajar Teknik Informasi / Informatika

Belajar Teknik Informasi / Informatika sebenarnya sangatlah krusial dan sangat penting bagi generasi kekinian, namun entah kenapa selalu dipinggirkan, bahkan di daerah saya pelajran ini yang tadinya adalah pelajaran pokok kini di pindah menjadi "muatan lokal" saja, dan jam pelajaranya di pangkas menjadi sangat singkat. itu juga yang diajarkan cuma matikan dan menghidupkan komputer.

Padahal jika dilihat dari situasi permasalahan bangsa ini terhadap tumbuh kembang generasi sekarang, pelajaran Teknik Informasi / Informatika menurut saya sama pentingnya dengan pelajaran Matematika atau bahkan Bahasa Inggris?

Kenapa?

Bukankah sudah jelas, semua hal sekarang tidak akan lepas dari komputer, digitalisasi, dan internet. semua itu dipelajari di Teknik Informasi.

Maka dari itu sangat penting untuk belajar Teknik Informasi sejak dini, sekolah-sekolah swasta yang sadar akan hal ini sudah cukup banyak yang menerapkan system komputerisasi pada sekolahnya, membuat pembelajaran secara realtime menggunakan media internet dan server internal sekolah sendiri. serta memberikan pelajaran kepada siswanya bahkan sampai ke tingkat menengah (yang dulu hanya bisa dipelajari di universitas). sayangnya yang menyadari pentingnya pelajaran Teknik Informasi / Informatika masihlah sedikit, dan menyepelekanya.

Jadi kita harus bagaimana jika kita masuk ke sekolah dimana pelajaran Teknik Informasi / Informatika belum menjadi pelajaran utama ?

Jawabanya adalah dengan belajar sendiri..

Ada Kabar Bahwa TIK (Pelajaran Teknik Informasi / Informatika) Akan Kembali Jadi Pelajaran Utama 

Seperti yang saya kutip dari Pikiran Rakyat (dot) Com (Link sumber arikel) diakses per 8 November 2018, ditulis disana bahwa tahun 2019 kemendikbud berwacana bahwa pelajaran TIK akan dikembalikan menjadi pelajaran utama untuk memenuhi tantangan revolusi industri.

Dikutip pada artikel yang sama, Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Awalludin Tjalla mengatakan "Siswa dituntut berpikir komputasional dengan mempelajari beragam disiplin ilmu. Baik informatika atau noninformatika. Produk TIK untuk menunjang pembelajaran dan tugas sehari-hari itu masih perlu dijalankan sebagai bagian dari program literasi digital yang sudah dijalankan".

Bagitu kata pengurus pendidikan di negara kita, dan ini masih sekedar wacana, apalagi tahun depan ada pemilu, yang pasti akan disusul dengan perubahan kabinet, dan pasti akan berimbas dengan keputusan akhir wacana ini.

Kalaupun jadi 2019 Pelajaran Teknik Informasi / Informatika dikembalikan menjadi mata pelajaran utama, itu akan terlambat bagi kalian yang sekarang sudah masuk ke bangku kelas 2 baik SMP atau SMA. tentu sangat merugikan jika tidak belajar sendiri.

Cara Belajar Teknik Informasi / Informatika yang menyenangkan

Perlu kalian ketahui, Ilmu Teknik Informatika itu sangatlah luas, dan tidak perlu belajar dengan bertahap, kalian tidak perlu belajar merangkak dulu jika sudah bisa lari. kalian bisa mempelajarinya bahkan mulai dari ilmu teknik informasi menengah. Teknik informasi / informatika juga tidak melulu tentang komputer. sekarang informatika lebih luas lagi dari gambaran yang dipelajari kurikulum 8-10 tahun lalu.

Sekarang pertanyanya adalah bagaimana cara kita belajar sendiri, dan tidak cepat bosan belajar Teknik Informasi ? berikut adalah tips singkat bagaimana cara belajar TIK sendiri yang menyenangkan namun tetap efisien.

  1. Mulai dengan Google. sekarang mulailah dengan google, pertanyaan apa yang ingin kalian cari pertama kali tentang teknik informatika dan informasi ?
  2. Praktik. Jika sudah menemukan jawaban yang kalian cari di google sekarang saatnya untuk praktik, dan mencobanya.
  3. Anggap sedang main game. tidak ada yang tidak suka main game, jadi anggap praktik kalian adalah sebuah game, jika kalian gagal, coba cari tahu lagi apa yang berbeda dari jawaban yang kalian dapat. jika kalian berhasil menemukan kesalahan dan memperbaikinya, kalian akan menemukan kesenangan disana.
  4. Jangan Malu bertanya. Jangan malu untuk bertanya baik itu kepada guru kalian, teman kalian, bahkan petugas tata usaha sekolah kalian.
Sebagai contoh dari 4 poin diatas, akan coba saya jabarkan menjadi studi kasus pribadi saya. bagaimana saya menemukan kesenangan belajar Teknik Informasi / Informatika.

Saya mulai dengan HOBI. saya pada saat SMA kelas 1 dulu senang sekali menulis cerpen dan puisi, bosan rasanya menulis di kertas dan tidak ada yang baca, oleh karena itu ingin rasanya menulisnya di media intertet, sayang pada saat itu sekolah saya pelajaran TIK masih saja berkutat dengan cara mengidupkan, mematikan komputer, dan bagaimana cara menghitung dengan excel.

jadi saya belajar sendiri.

Disinilah saya mulai belajar Teknik Informatika lebih dalam dengan memulainya di google dalam pencarian "CARA MENULIS BLOG DI INTERNET" setelah itu saya tau apa itu blog, cara menulis yang baik (walau sampai saat ini masih belajar juga), kemudian merembet ke berbagai ilmu lain. kemudian ketertarikan dengan media informatika lain. hingga sampai ke pemrograman, yang saya geluti sampai sekarang.

Dengan mendapatkan ilmu, langsung praktek, salah, kemudian tanya ke guru, kemudian tanpa sungkan setelah pelajaran diskusi dengan guru tik saya pada waktu itu, saya menemukan kesenangan disana jadi saya tidak bosan.


Posted by: verbal[dot]id
verbal, Updated at: 5:42 AM

0 komentar

Post a Comment

Berikan Komentarmu di Sini, Untuk Beropini, Bertukar Ide dan Sekedar Sharing..