Wednesday, November 21, 2018

Pengaruh Perkembangan Ilmu dan Teknologi terhadap Perubahan Ruang

Perkembangan teknologi dan informasi berpengaruh terhadap setiap aspek kehidupan manusia. Setiap aktivitas dimudahkan dengan adanya teknologi dan informasi dewasa ini. Perkembangan teknologi telah berpengaruh terhadap ruang dan waktu dalam berinteraksi. Interaksi antar pihak hari ini telah berubah sedemikian rupa, perubahan teknologi dan informasi telah membuat jarak yang jauh menjadi semakin dekat, dan waktu yang biasanya diperlukan lebih banyak hari ini hanya memerlukan sedikit waktu, hal ini membuat aktivitas manusia terasa lebih efektif dan efesien. /pengaruh perkembangan ilmu dan teknologi terhadap perubahan ruang/ teknologi transportasi/ pengaruh perkembangan teknologi transportasi terhadap perubahan ruang/ jelaskan pengaruh perkembangan teknologi komunikasi terhadap perubahan ruang/ pengaruh perubahan ruang terhadap kehidupan ekonomi/ contoh pengaruh perkembangan teknologi transportasi terhadap perubahan ruang di negara anggota asean/ jelaskan pengaruh perubahan ruang terhadap kehidupan ekonomi/ pengaruh perkembangan iptek terhadap perubahan ruang/ contohnya pada/ jelaskan pengaruh perkembangan iptek terhadap perubahan ruang/

Perubahan besar dalam bidang alat angkut misalnya, dapat memungkinkan manusia berpindah ruang (tempat) lebih cepat dari sebelumnya. Jika dahulu perjalanan antar kota perlu hitungan hari, sekarang bisa ditempuh hanya dengan hitungan jam saja. sementara itu perkembangan dunia informasi juga dapat mempermudah manusia dalam bertukar informasi, dengan perkembangan teknologi dan informasi hari ini telah membuat kita dapat berbicara dengan orang yang berada jauh dari tempat kita, namun kita dapat berbicara dengan tatap muka, dengan bantuan kecanggihan smartphone, atau perangkat computer lainnya.

Selain perkembangan teknologi angkut dan dunia informasi, perkembangan mesin produksi juga memberikan dampak besar bagi kehidupan manusia dewasa ini.

Teknologi Transportasi


Saat ini berbagai macam alat transportasi kita jumpai baik di darat, laut dan udara. Perkembangan ilmu dan pengetahuan memungkinkan masnusia bergerak lebih cepat dengan menggunakan kendaran yang terbilang modern, sebut saja kendaraan darat seperti mobil, motor, dan lain-lain tentu lebih cepat jika dibandingkan dengan kendaraan darat tempo dulu seperti delman atau becak.

Dilaut kita mengenal kendaraan air yang jauh lebih cepat disbanding kendaraan air di masa lalu sampan atau perahu kecil lainnya. sekarang manusia bisa menggunakan kappal cepat (speed boot) , dan berbagai kendaraan air lainnya. bahkan manusia telah mampu menciptakan kendaraan yang belum pernah ada sebelumnya seperti pesawat terbang. Hal ini memungkinkan manusia bergerak, dan berpindah lebih cepat dari satu tempat ke tempat lainnya.

Walaupun perkembangan alat trasportasi sudah terbilang sangat maju, negara-negara di asia tenggara masih terlihat mempertahankan kendaraan jadul tempo dulu, sebut saja di Indonesia kita masih banyak dapat menyaksikan kendaraan tempo dulu masih eksis, seperti becak, delman dan lain-lain.

Dipertahankannya moda transportasi tersebut bukan karena Indonesia tidak mampu bersaing, namun kendaraan-kerndaraan tersebut dirrasa memiliki akar sejarah yang panjang, sehingga di beberapa tempat selain dijadikan sebagai alat angkut manusia dan barang, kendaraan tersebut juga dijadikan sebagai objek wisata, yang tentu akan mendorong kesejahteraan para pengendar/pemilik kendaraan jadul tersebut.

Perkembangan moda transportasi baik darat laut maupun udara berpengaruh kepada pola interaksi manusia. Pada kendaraan udara misalnya, kita dapat mengamati perpindahat masyarakat dalam suatu negara ke negara yang lain, hal ini akan membuat interaksi antar kedua masyarakat dari negara yang berbeda, yang selanjutnya akan mempengaruhi cara, bagaimana mereka berinteraksi.


Dampak Negatif Perkembangan Alat Transportasi


pengaruh perkembangan transportasi informasi
https://www.itb.ac.id/news/read/3863/home/
pecahkan-masalah-transportasi-dengan-
sistem-informasi-terintegrasi
Semakin meningkatnya perubahan alat angkut barang/manusia, semakin banyaknya jumlah kendaraan (laut, udara dan darat) mengharuskan adanya infrastruktur yang memadai juga. Oleh karena itu dilakukan pembangunan infratruktur jalan, pelabuhan, bandara, dan lain-lain. Hal ini selain berdampak positif bagi kepentingan manusia, juga berdampak negative karena dengan pembangunan bandara, pelabuhan, dan jalan berarti harus ada lahan yang harus digunakan, oleh karena itu kita sering melihat lahan persawahan, hutan, bahkan kawasan perkampungan menjadi korban pembangunan.

Bahkan sering kali pembangunan tersebut tidak memperhatikan nasib lingkungan, rantai makanan, nasib satwa, dan juga nasib orang-orang yang harus diusir dari tanah dimana mereka dibesarkan.

Teknologi Komunikasi


Komunikai merupakan cara manusia untuk saling berhubungan, dan berinteraksi. Komunikasi dapat berupa komunikai verbal, maupun non verbal. Komunikasi pertama kali diajarkan oleh ibu, yang kemudian kita kenal dengan istilah “bahasa ibu”. Perkembangan teknologi komunikasi membuat semua hal menjadi terasa mudah. Misalnya dahulu komunikasi masih menggunkan surat, kita harus menunggu beberapa saat untuk surat tersebut sampai kepada orang yang kita tuju, atau saat masih menggunakan burung surat, kita memakai burung dara untuk mengantarkan surat kepada oaring yang kita tuju.

Kedua contoh alat komunikasi tersebut sudah sangat merepotkan jika dibandingkan dengan hari ini, perkembangan teknologi informasi membuat kita bisa mengirim suratelektronik dari gaway (gadget) yang kita miliki, chat, dan mode pengiriman pesan lainnya membuat kita semakin cepat untuk berkomunikasi. Selain berkirim surat, perkembangan teknologi informasi saat ini juga membuat kita dapat berbicara tatap muka dengan orang yang berkilometer jauhnya dengan kita hanya menggunakan bantuan smartphone, atau perangkat computer lainnya.

Dampak Negative Dari Perkembangan Teknologi Informasi


Perkembangan teknologi informasi memang sangat membantu manusia dalam melakukan interaksi, saling terhubung, dan semakin mudah untuk sekedar bersilaturahim dengan orang yang berkilometer jauhnya dengan kita. Namun perkembangan teknologi informasi juga berpengaruh negative bagi kehidupan manusia.

Hari ini kita mengenal dengan pembulian, persekusi, atau tindak kekerasan lain yang dilakukan di dunia maya. Selain itu perkembangan teknologi informasi juga membuat adanya penyebaran berita bohong dengan sangat mudah. Dunia maya berjibun dengan berbagai berita bohong, penggunaan media social yang tidak bijak juga membuat dunia maya semakin sesak dengan hoax.

Perkembangan dunia transportasi dan dunia informasi komunikasi memang sangat menguntungkan manusia, namun jika tidak digunakan dengan bijak, maka akan banyak merugikan bagi manusia, dan kemanusiaan. Pembangunan yang hanya berorientasi pada keuntungan akan membuat kemanusiaan semakin terpinggirkan. Dan penggunaan media informasi yang tidak bijak juga akan menyababkan kerugian.

Oleh karena itu, bersikap bijak pada setiap permasalahan adalah kunci dari setiap permasalahan yang ditimbulkan oleh perkembangan teknologi alat angkut (transportasi), dan teknologi informasi saat ini.

Posted by: verbal[dot]id
verbal, Updated at: 7:25 PM

0 komentar

Post a Comment

Berikan Komentarmu di Sini, Untuk Beropini, Bertukar Ide dan Sekedar Sharing..