Wednesday, November 7, 2018

Pengaruh Kerja Sama Ekonomi, Sosial, Politik, Budaya, dan Pendidikan terhadap Kehidupan di ASEAN

pengaruh kerja sama negara asean interaksi asean interaksi antar ruang
Gambar hanya Ilustrasi/ Sumber Gambar: https://ekidamiati95.files.wordpress.com/2015/01/j.png
Kebutuhan setiap warga Negara harus dipenuhi, karena jika tidak maka akan terjadi kekacauan, mulai dari penjarahan sampai pada tindak kekerasan, sayangnya setiap Negara tidak mungkin mampu memenuhi seluruh kebutuhannya sendiri, oleh karena itu Negara-negara menjalin hubungan persahabatan untuk kebutuhan setabilisasi, keamanan, dan pemenuhan kebutuhan lainnya. pengaruh kerjasama asean di bidang pendidikan/ pengaruh kerjasama di bidang pendidikan/ pengaruh kerjasama di bidang sosial budaya/ pengaruh kerjasama asean di bidang social/ pengaruh kerja sama asean di bidang politik/ pengaruh kerjasama dalam bidang ekonomi sosial politik budaya dan pendidikan/ jelaskan pengaruh kerjasama di bidang ekonomi pengaruh kerja sama di bidang politik

Interaksi antar ruang berkat adanya kerja sama antar negara tentu akan semakin mengintensifkan interaksi baik warga negara mauun negara itu sendiri. selanjutnya interaksi dan kerja sama yang telah terjalin tentu akan berakibat pada kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik, dan datidak terlewat dunia pendidikan. sebagai berikut;

Pengaruh Kerjasama Antar Negara Asean Terhadap Kehidupan Ekonomi

Negara-negara di kawasan asia tenggara bersepakat untuk membuka pasar bebas asia tenggara, atau yang lebih akrab disebut dengan MEA (Masyarakat Ekonomi Asean), hal ini dilaksanakan agar Negara-negara asean dapat bersaing dengan China, dan India. Pembukaan MEA ditujukan agar setiap warga Negara di kawasan asia tenggara dapat memperluas pasarnya dengan membuka pasarnya di kawasan asia tenggara.

MEA memungkinkan untuk perluasan lapangan pekerjaan, karena setiap warga Negara di kawasan tersebut akan dipermudah dalam menjual atau mencari pekerjaan di Negara-negara asia tenggara. Selain lapangan kerja “tanpa skill”, MEA akan membuka peluang kerja bidang profisional seperti dokter, dokter, ahli keteknikan, guru, akuntan, advokat, dan lain-lain.

Untuk dapat berasing dalam pasar bebas Asia tenggara (MEA), kita harus meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, hal ini dikarenakan selain lapangan kerja yang semakin luas, persaingan antar Negara juga akan semakin besar. Oleh sebab itu pendidikan menjadi modal besar untuk bersaing, pendidikan harus memastikan lulusannya memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan yang dibutuhkan dalam persaingan MEA. Interaksi antar Negara ASEAN membuat kegiatan ekonomi baik produksi, distribusi, dan konsumsi akan bersaing bebas dalam pasar regional tersebut.

Pengaruh Kerjasama Antar Negara Asean Terhadap Kehidupan Sosial

Kehidupan sosial sungguh sangat dinamis, ditambah dengan interaksi antar Negara Asean tentu akan memberikan dampak bagi kehidupan sosial. Beberapa waktu lalu, Malaysia, Indonesia dan Thailand didatangi imigran asal Myanmar, para imigran datang diakibatkan oleh kondisi Negara mereka yang sedang tidak aman bagi para imigran. Mereka datang dengan menaiki perahu, dengan alasan kemanusiaan ASEAN menyerukan kepada Negara asean untuk menampung sementara para imigran. Dari cerita singkat di atas, kita dapat mengetahui interaksi dan kerjasama Negara-negara asean akan mempengaruhi kehidupan sosial dinegara-negara anggota.

Pengaruh Kerjasama Antar Negara Asean Terhadap Kehidupan Budaya

Asean telah menegaskan tekad semua Negara ASEAN tentang satu komunitas bersama, visi bersama, dan jati diri bersama. Hubungan kerja sama antar Negara asean telah berjalan lama, dan telah atau sedang menjalankan program, misalnya membangun Kota Budaya ASEAN, Perkemahan Pemuda ASEAN, dan Jaringan Kota Kuno ASEAN. Beberapa aktivitas lain yang dilaksanakan asean dalam bidang kebudayaan adalah sebagai berikut;
a.       Festival Budaya ASEAN
Festival budaya ASEAN bertujuan untuk saling memperkenalkan kebudayaan antar Negara-negara asean. Kegiatan ini dilaksanakan pada 29 juni 2013 di Purwakarta Jawa barat, yang diikuti oleh Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Vietnam , Thailand, Myanmar, Laos, dan Indonesia sebagaituan rumah.
b.      Perkemahan Budaya Serumpun ASEAN
Asean adalah merupakan lautan bangsa melayu, selain itu juga terdapat bangsa-bangsa lain. Tiga Negara memprakarsai kegiatan perkemahan budaya serumpun ASEAN, yakni Negara Indonesia, Malaysia, dan brunei darrussalam. Perkemahan Budaya Serumpun dilaksanakan untuk pembinaan mental dan spiritual, wawasan kebangsaan budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi, persaudaraan dan persahabatan, peningkatan keterampilan, dan olahraga, serta kepedulian terhadap masyarakat.

Pengaruh Kerjasama Antar Negara Asean Terhadap Kehidupan Politik

seiring dengan semakin intensnya interaksi antar ruang Negara-negara Asean, membuat timbulnya pola kerja sama yang semakin mudah, namun walaupun demikian, tentu juga akan menimbulkan dampak-dampak yang sering kali tidak diinginkan. Berikut merupakan dampak interaksi antar ruang Negara-negara asean, antara lain;
a.       Sengketa perbatasan
Kondisi geografis suatu Negara yang berhimpitan dengan Negara lain kadang menimbulkan batas wilayah antar Negara. Beberapa Negara saling klaim suatu wilayah, yang sering kali merugikan Negara pemilik wilayah yang sebenarnya. Oleh karena itu, Negara harus bersikap tegaas dalam penginventarisasian batas-batas wilayah negaranya.
Indonesia pernah bersengketa wilayah dngan Negara-negara tetangga, misalnya perairan Natuna yang sempat “diklaim” Tiongkok, namun Negara bersikap tegas dengan menerjunkan 20 ribu pasukan disiagakan diwilayah tersebut, dan sampai saat ini tionggkok tidak merespon balik hal itu, oleh karena itu hubungan Indonesia-tingkok tidak terjadi gejolak. Selain itu, Indonesia juga pernah bersengketa dengan Negara jiran Malaysia, yang pada akhirnya mahkama internasional memutuskan Pulau Sipadan dan Ligitan dimiliki Malaysia. Tentu ini harus menjadi pelajaran besar untuk Indonesia agar lebih tegas dalam persoalan wilayah-wilayah batas, terlebih pulau-pulau terluar.
b.      Pekerja Migran
Kasus-kasus perdagangan manusia, kerja paksa, dan buru migran illegal tentu bukan isapan jempol belaka. Oleh karena itu, persoalan-persoalan pekerja migran juga menjadi konsen Negara-negara yang tergabung dalam ASEAN.
c.       Dan lain-lain

Pengaruh Kerjasama Antar Negara Asean Terhadap Dunia Pendidikan

Interaksi antar ruang Negara-negara asean berdampak bagi setiap anggota, banyaknya program-program beasiswa yang dibuka disetiap Negara-negara regional yang dapat diikuti oleh calon pelajar dari Negara-negara asean. Hal ini tentu akan meningkatkan kapasitas bagi mereka yang ikut dalam program tersebut. Selain itu, kerja sama asean juga akan menimbulkan persaingan antar perguruan tinggi, maupun pendidikan dasar. Oleh karena itu negara harus konsen dalam peningkatan mutu pendidikan dengan stadarisasi, akreditasi, peningkatan kesejahteraan para pengajar, rekruitmen pengajar secara professional, dan lain-lain.


Dari gambaran di atas kerja sama antar negara-negara bukan saja menjadi daya pendorong bagi setiap negara-negara anggota asean, namun juga akan menjadi tenaga penggilas yang siap melindas negara yang tidak ikut bergerak mengikuti perkembangan. Hal ini disebabkan, kerja sama antar negara secara langsung akan menjadi kompetisi, bangsa yang lebih siap berkompetisi tentu akan menjadi pemenangnya. Oleh karena itu mutu dan kapasitas setiap stake holder harus senantiasa ditingkatkan untuk dapat bersaing dengan negara-negara yang terlibat dalam pasar bebas regional ASEAN.

Posted by: verbal[dot]id
verbal, Updated at: 10:39 PM

0 komentar

Post a Comment

Berikan Komentarmu di Sini, Untuk Beropini, Bertukar Ide dan Sekedar Sharing..