Monday, November 26, 2018

Metode Braindstorming untuk Belajar Kelompok

Metode Braindstorming untuk Belajar Kelompok

Metode pembelajaran di indonesia harus diakui bersama bahwa sedikit kurang, apalagi ketidak jelasan kurikulum yang terus berganti setiap perubahan mentri, kalaupun perubahan itu ke arah lebih baik mungkin tidak menjadi suatu masalah, kadang.. perubahan dilakukan hanya untuk mengakomodir sesuatu hal yang seharusnya bukan sesuatu yang penting.

Dulu masih sering dilakukan wajib belajar kelompok dalam pembelajaran dikelas, bangku-bangku ditata sedemikian rupa agar satu siswa dengan siswa lain dalam satu kelompok bisa saling berdiskusi.

Nah Metode Braindstorming ini juga nilai dasarnya sangat mirip dengan belajar kelompok seperti itu, tentang interaksi dan memecahkan masalah, hanya saja berbeda dalam main rules-nya saja. sekarang mari mulai ke definisi saja. apa sih Braindstorming itu ?

Braindstorming menurut wikipedia adalah teknik kreativitas yang mengupayakan pencarian penyelesaian dari suatu masalah tertentu dengan mengumpulkan gagasan secara spontan dari anggota kelompok.

Namun menurut saya pengertian atau definisi ini kurang lengkap, menurut saya Braindstorming adalah metode pembelajaran kreatif yang bertujuan menemukan suatu masalah kemudian memecahkanya, dengan cara mengumpulkan gagasan atau ide orang lain tanpa adanya intrupsi, komentar, sanggahan dan pujian.

Jenis Braindstorming ada 2

Jenis Braindstorming ada dua macam yakni kelompok dan individually, walaupun garis besar dari definisi braindsorming adalah metode diskusi kelompok namun ternyata metode ini juga bisa dilakukan secara individu atau perorangan (tunggal) saja.

Brainstorming Individually. adalah sebuah proses Braindstorm yang dilakukan sendiri dengan memanfaatkan meode mind mapping dimana kalian akan menggambar struktur pemikiran kalian dari mulai gagasan pertama, kemudian gagasan selanjutnya sebagai anak gagasan tersebut, menulisnya sebagai k\keyword-keyword dan menghubungkanya satu sama lain, sehingga pada ujungnya kalian akan memperluas gagasan utama tersebut. klain bisa membaca lengkapnya disini

Sayangnya Braindstorming Individually hanya bisa memecahkan atau memperluas suatu pokok masalah yang sederhana saja, yah alasanya karena hanya satu ppikiran, berbeda dengan Braindstorming kelompok yang menggunakan ide dan gagasan banyak orang.

Braindstorming Kelompok. seperti pada definisi diatas, braindstorming ini adalah metode paling bagus untuk digunakan, selain penjabaran ide atau gagasan pokok yang tak terbatas, pemecahan masalah juga lebih baik, tentu sangat berbeda dengan Braindstorming Individually diatas.

Manfaat Braindstorming

Ada banyak sekali manfaat metode Braindstorming bagi pembelajaran dan pemecahan masalah, sehingga cukup penting untuk diketahui dan dipraktikan demi meningkatkan berfikir kreatif. berikut ini adalah manfaat Braindstorming yang perlu kalian ketahui.
  1. Menciptakan ide baru. dengan braindstorming setelah melempar ide pokok kalian akan segera menemukan ide atau gagasan baru yang berakar dari ide pokok tersebut.
  2. Menemukan masalah dan memecahkanya. setelah memperluas ide atau gagasan, kalian akan menemukan masalah masalah dari gagasan tersebut, kemudian bisa memecahkanya.
  3. Menciptakan ide kreatif yang lebih luas. dengan melakukan braindstorming kalian akan menemukan ide-ide kratif diantara semua ide yang muncul.
  4. Menciptakan diskusi yang setara dan konsusif. pada braindstorming kelompok kalian akan menciptakan suatu kondisi diskusi yang tidak membenarkan atau menyalahkan gagasan orang lain, ini juga akan memicu konsidi diskusi menyenangkan serta kondusif.
Sebenarnya manfaatnya tidak cuma itu, tergantung juga metode ini kalian lakukan untuk tujuan apa, misalkan saja pada pembuatan sebuah artikel, dimana kalian melakukan braindstorming individually memanfaatkan metode lain yakni Mind Mapping. maka manfaatnya akan lain juga. dan seterusnya, Braindstorming bisa dilakukan dan digunakan untuk banyak sekali hal.

Cara Melakukan Brainstorming

Saya akan menjelaskan bagaimana melakukan braindstorming kelompok saja, untuk braindstorming individually kalian bisa membacanya disini. Secara singkatnya untuk melakukan braindstorming kelompok ada 3 tahapan dasar yang perlu dilakukan, mari kita ulas secara beruntutan.

A. Penjelasan

Pada tahapan awal ini adalah hal yang harus kalian lakukan setelah mengumpulkan anggota kelompok kalian, kemudian melakukan penjelasan mengenai rules atau aturan dari braindstorming itu kepada semua anggota, adapun aturan yang harus dijelaskan untuk metode braindstorming adalah sebagai berikut
  1. Semua wajib mengutarakan ide dan gagasanya.
  2. Tidak ada komentar, kritik, sanggahan, saran, dan sanjungan selama berlangsungnya pengumpulan gagasan.
  3. Tentukan gagasan utama serta goalnya(tujuan akhir).
  4. Tentukan siapa yang menjadi pencatat (bisa kalian sendiri atau yang disepakati)
  5. Tentukan cara mengemukanan gagasanya (Bergantian atau Spontan)

B. Klarifikasi

Kemudian tahapan yang kedua adalah klarifikasi, tahapan ini dilakukan jika semua anggota sudah selesai sepenuhnya mengutarakan gagasan atau idenya, kalian bersama akan mengerucutkan dan memilah gagasan mana saja yang sesuai dengan pokok pembahasan dengan bantuan catatan yang sudah dibuat pencatat tadi.

C. Evaluasi

Nah pada tahapan terakhir inilah kalian bersama akan mereview semua gagasan yang sudah dipilah tadi menjadi sebuah pemecahan masalah, hal ini akan sangat mudah dilakukan karena tahapan tahapan diawal sudah dilalui, diskusi akan menjadi lebih hangat menyenangkan dan kondusif, karena gagasan semua anggota sudah mengutarakan semua gagasanya dan memilahnya bersama.

Kesimpulan 

Kesimpulanya adalah metode Braindstorming sangatlah bermanfaat dilakukan untuk menemukan dan menyelesaikan masalah terserah itu dalam bidang apa. sebuah belajar kelompok yang memiliki sistem akan membuat hasil dari belajar tersebut jauh lebih baik.

Indonesia perlu menerapkan metode ini kedepanya dalam belajar kelompok agar bisa memicu pikiran dan gagasan kreatif siswanya.

Posted by: verbal[dot]id
verbal, Updated at: 7:12 AM

0 komentar

Post a Comment

Berikan Komentarmu di Sini, Untuk Beropini, Bertukar Ide dan Sekedar Sharing..