Sunday, October 7, 2018

Ini Alasan Kenapa Keturunan Etnis Chinese Kaya Raya

Jika kita memperhatikan di tempat-tempat keramaian, pusat-pusat perputaran uang, di mall-mall, pasar dan pertokoan selalu kita akan melihat etnis keturunan chinese disekitar sana, banyak juga dari mereka yang menjadi eksekutif, bos-bos, dan pengusaha sukses lainnya, ya rasanya tidak perlu diberi contoh, kita pasti sudah tahu. Memang bukan rahasia lagi keturunan orang-orang dengan keturunan chinese kebanyakan memiliki karier yang cemerlang, walaupun sebenarnya ada tidak sedikit juga keturunan etnis chinese hidup dalam keadaan miskin. Kenapa orang-orang dengan keturunan etnis chinese di Indonesia menjadi orang yang sukses di bidang yang mereka geluti? Tentu ini menjadi pertanyaan kita bersama.

Sulistyawati, Cahaya Wirawan Hadi[1] menyebutkan diantara factor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan orang keturunan Toing Hoa adalah dikarenakan sebagian besar dari mereka sangat ulet, tahan uji, hemat, sederhana, tanggung-jawab, kerjasama, kuat dan rajin. ras dengan mata sipit memang dikenal sebagai ras yang gigih dan ulet.


Berikut ini kami rangkum hal-hal yang menyebabkan keturunan etnis chinese kaya raya;

Kebanyakan Orang Chinese Gemar Menabung

Orang dengan keturunan etnis toing hoa memang dikenal sebagai orang yang sangat hemat, hal ini memungkinkan mereka untuk dapat menabung penghasilannya. Biasanya orang hanya menabung sebesar 20% dari total penghasilannya, maka berbeda dengan orang keturunan etnis chinese yang menabung lebih besar, yakni sebesar 50% dari penghasilannya. Andai kata mereka memilik gaji 2 juta tiap bulan, maka mereka akan menyimpan 1 juta, dan harus dapat hidup dengan uang sebesar 1 juta sisanya.

Kerja Keras

Orang keturunan chinese memang dikenal sebagai orang yang gigih dan pekerja keras, mereka sering kali mencari kerja lembur untuk mendapatkan tambahan gaji, bahkan tidak sedikit juga yang memiliki pekerjaan lebih dari satu. Citra pekerja keras ini juga yang menyebabkan jika mereka meminjam modal di bank akan lebih mudah cair, hal itu disebabkan oleh track record mereka untuk mengembalikan pinjaman sangat baik.

Tidak Membeli Barang Diluar Kemampuannya

Kebanyakan orang chinese dalam membeli barang selalu mengutamakan sifat kemanfaatannya, mereka tidak akan membeli sesuatu yang dianggap tidak penting, atau hanya untuk gaya-gayaan saja. Hal itu membuat mereka hidup dalam kesederhanaan, ya tentu saja sederhana di kelasnya.

Untung Sedikit Tidak Apa-Apa

Berdagang merupakan kebiasaan yang lekat dengan orang keturunan etnis chinese, di kota kecil atau kota besar di Indonesia, jika kita perhatikan, yang menjadi pemain besar adalah mereka dengan keturunan etnis chinese walaupun juga banyak sebenarnya pemain pasar dari etnis keturunan lain.


Dalam berdagang mereka mengedepankan prinsip “untung sedikit tidak apa-apa”, barang-barang dari took mereka sering kali lebih murah dari took lain, hal ini dikarenakan mereka mengambil sedikit untung dari satu unit barang, namun jangan salah, karena walaupun untung sedikit tapi kali banyak. Mereka menganggap untung sedikit dari satu barang tidak apa-apa, yang penting mereka dapat menjual banyak barang, jadi untung sedikit tabi quantitasnya banyak, jadi mereka akan tetap untung.

Tidak Hutang

Poin satu ini memang tidak semua orang keturunan etnis toing hoa melakukan, dalam kenyataannya banyak juga mereka yang mencari pinjaman di bank, namun menurut mentalis deddy corbuzier setidaknya hal itu yang selalu diajarkan oleh orang tua mereka.

Membeli Dengan Kontan

Orang keturunan etnis chinese tidak suka membeli barang diatas keuangannya, mereka akan membeli barang yang nilainya dibawah nilai uang yang dapat mereka kumpulkan, hal ini membuat orang etnis chinese tidak suka membeli barang dengan kredit, mereka lebih suka membeli barang dengan cara cas, atau kontan

Investasi

Orang keturunan chinese suka dengan hidup sederna, namun mereka pekerja keras, oleh karena itu mereka dapat mengumpulkan uang lebih banyak, dan hal itu juga yang mengantarkan mereka pada kebiasaan untuk berinvestasi, mereka akan membeli emas, rumah, atau tanah. Kenapa membeli emas atau tanah? Hal itu dikarenakan nilai emas atau tanah relative stabil dan bahkan selalu naik.

Bisnis Keluarga


Orang chinese sangat mensuport anggota keluarganya yang sedang merintis karier, suport ini tidak hanya berupa moril, sering kali mereka juga disokong dengan modal sampai keluarga mereka dapat berdiri di atas kakinya sendiri. hal ini tentu saja akan membuat mereka tumbuh lebih cepat dibanding dengan misalnya orang-orang yang tidak mendapat supoort sama sekali.


Kebiasaan-kebiasaan orang keturunan chinese di atas membuat mereka dapat mengumpulkan harta lebih banyak, investasi, menabung dan lain-lain membuat mereka tidak kebingungan saat mereka membutuhkan uang dengan mendadak, karena memiliki tabungan yang cukup.



[1] https://profsuli.files.wordpress.com/2011/07/meneladani-etos-kerja-warga-tionghoa.pdf
Gambar Hanya Ilustrasi, Sumber Gambar: Google.com

Posted by: verbal[dot]id
verbal, Updated at: 8:06 PM

0 komentar

Post a Comment

Berikan Komentarmu di Sini, Untuk Beropini, Bertukar Ide dan Sekedar Sharing..