Sunday, October 14, 2018

Bunga Sakura UIN Malang Mekar Kembali

Bunga sakura adalah bunga khas Negara jepang, namun belakangan juga kita ketahui bahwa bunga sakura juga dapat hidup di Korea Selatan. Kedua Negara tersebut memang memiliki produk alam maupun kebudayaan yang walaupun tidak sama, namun menyerupai, misalnya girl band, komik, industri film dewasa, dan tidak terlewat juga bunga sakura. Di jepang kita dapat menikmati keindahan bunga sakura mulai dari bulan februari, karena memiki jenis dan daerah yang berbeda, bunga sakura tidak mekar secara bersamaan, peta pergerakan mekarnya bunga sakura ini dikenal dengan nama sakurazensen.


Di Indonesia ditemukan juga bunga yang menyerupai bunga sakura, salah satu tempat yang dapat ditumbuhi bunga ini adalah di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, ini adalah kampus dimana aku menempuh studi strata satu (S1). Bunga ini sebenarnya bernama Tabebuya (Chrysotricha), walaupun demikian biasanya kami menyebutnya dengan nama sakura UIN Malang. Jika dilihat sepintas bunga tabebuya memang sangat mirip dengan keindahan bunga sakura, oleh karena itu kami biasanya menyebutnya juga dengan nama sakura Indonesia.

Bunga ini berwarna kuning dengan bentuk seperti trompet, bunga ini memberika kesan tersendiri bagi kami yang sedang atau yang pernah menempuh studi di UIN malang. Saat sedang mekar, bunga ini banyak digunakan sebagai latar belakang foto, baik foto selfi, grufi atau yang lainnya. pemandangan bunga yang sangat indah ini memberikan efek seperti sedang berada di jepang, ya walaupun sebenarnya imajinasi kami saja yang sedang berada di jepang.


Bunga tabebuya kembali mekar saat ini, dibulan oktober bunga ini kembali menyapa mahasiswa baru kampus yang terkenal dengan tagline “kampus hijau” tersebut. Karena bersifat bunga musiman, bunga ini juga menjadi bunga nostalgia bagi kami yang sudah menjadi mahasiswa lama, atau bahkan mungkin yang telah lulus dari Universitas Islam Negeri Malang, oleh sebab itu kami biasanya merasa senang jika dapat berfoto dengan latar bunga tabebuya tersebut.

Suasana kampus UIN Malang yang dihiasi bunga “sakura” sangat menawan hati memang, tak hayal banyak yang memanfaatkan momen ini untuk sekedar mempererat tali persahabatan, dan tentu bagi yang sedang berasmara pasti akan memanfaatkan momen tersebut, bunga cantik tabebuya mungkin akan meluluhkan wanita dambaan hati.



Sebenarnya bunga tebebuya tidak berasal dari Indonesia, Bunga tabebuya berasal dari Brasil yang merupakan bunga dengan batang keras, dan berbunga  serupa terompet yang memiliki kemiripan dengan bunga sakura saat mekar.

Tabebuya mempunyai ragam warna yang indah, meliputi tabebuya putih, pink muda, kuning, kuning ke-orange-an, magenta, pink tua, dan ada yang merah. (Wikipedia). Di kota Malang, tabebuya tidak hanya ditemukan di UIN Malang saja, karena disepanjang jalan Sengkaling-Batu kita dapat menyaksikan pohon ini berjajar menghiasi macetnya kota dingin Malang. Di bulan oktober ini, keindahan “sakura tabebuya” dapat kita saksikan sedang mekar, ditambah dengan banyaknya bunga yang berjatuhan di bawah pohon akan menambah sensasi keindahan bunga tabebuya.
________________
Sumber: Wikipedia
Sumber Gambar: Diolah dari berbagai sumber

Posted by: verbal[dot]id
verbal, Updated at: 10:15 PM

0 komentar

Post a Comment

Berikan Komentarmu di Sini, Untuk Beropini, Bertukar Ide dan Sekedar Sharing..