TIPS AGAR TUBUH TETAP BUGAR SAAT MENJALANKAN IBADAH PUASA - Verbal

Monday, May 21, 2018

TIPS AGAR TUBUH TETAP BUGAR SAAT MENJALANKAN IBADAH PUASA

Puasa merupakan perintah yang wajib dijalankan bagi muslim laki-laki dan muslim perempuan yang sudah memenuhi syarat sah puasa, sebagaimana yang ditegaskan dalam al-Qur’an surah al-baqarah (183) “diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”. Puasa memang sudah sangat biasa bagi saudara-saudara yang telah terbiasa menjalankannya, namun bagaimana dengan sodara-sodara yang mungkin baru memasuki tahun pertamanya, atau semacamnya? Tentu bukan perkara mudah menjalankan puasa. Puasa memang bukan hanya persoalan menjaga, atau menahan lapar dan dahaga, karena puasa memiliki sisi rohaninya juga, namun kali ini kita hanya akan membicarakan bagaimana supaya tubuh kita tetap fit, sehat, dan memiliki stamina yang cukup untuk menjalankan aktifitas selama menjalankan ibadah puasa. Bagaimana cara akar tubuh tetap fit walaupun sedang menjalankan puasa? Simak lebih lanjut.

Saat mulai masuk pada bulan ramadhan, pola makan kita akan berubah, karena kita hanya diperbolehkan untuk makan buka dan makan sahur saja, sementara jam kerja relative tidak berubah. Bagaimana kita menyiasati agar puasa tetap sehat?

Pertama, Perhatikan Porsi Sahur Kita

Sahur merupakan hal penting dalam menjalankan puasa, karena saat sahur berarti kita sedang mengisi cadangan energy selama sekitar 14 jam puasa.  Untuk itu kita harus memperhatikan kombinasi makanan pada saat sahur, makanan sahur yang paling dianjurkan adalah makanan yang memenuhi empat sehat lima sempurna, ya seperti yang biasa kita dengar di waktu kita masih duduk di taman kanak-kanak. Ini saat yang tepat untuk kita mempraktekkan ilmu yang sudah kita dapat..hehe
Ingat, konsumsilah makanan yang lambat dicerna tubuh. Karena jika makanan cepat dicerna tubuh maka kita akan lebih cepat lapar. Makanan yang cocok untuk dikonsumsi selama bulan puasa adalah jagung,  nasi merah, kacang, gandum, susu, makanan berprotein, sayur-sayuran dan jangan lupa air putih yang membantu menjaga stamina selama kita berpuasa.

Kedua, Porsi Air Putih

Minumlah air putih sesuai dengan anjuran, 8 sampai 10 gelas tiap hari. Di bulan ramadhan kita bisa mensiasati untuk menghabiskan 10 gelas mulai dari buka sampai sahur, karena tidak mungkin kita menghabiskan 8 gelas dalam waktu buka dan sahur saja, maka kita mencicilnya sepanjang waktu berbuka sampai waktu imsak tibah.
Ketiga, Porsi Buka Puasa

Tidak sedikit orang yang seperti “kesetanan” saat santap menu buka. Makan terlalu banyak tidak baik untuk pencernaan kita, apa lagi setelah berbuka kita akan dinanti oleh waktu sholat isyak dan dilanjut dengan terawih, saat perut kita penuh maka kita akan malas untuk melaksanakan sholat terawih, oleh karena itu kita dapat mensiasati menu santap buka dengan makanan manis seperti kurma, air putih dan jangan lupa kurangi porsi makan, jangan sampai berlebihan.

Keempat, Jangan Terperangkap “Berbuka Dengan Yang Manis”

Banyak orang salah kaprah dengan anjuran berbuka dengan yang manis, sehingga banyak dari kita malah berlebihan saat berbuka dengan yang manis-manis. Mengonsumsi yang manis-manis seperti yang terkandung dalam buah memang bagus, karena dapat memulihkan energy selama kita berpuasa, namun jangan sampai terlena, apa lagi sampai berlebihan mengonsumsi yang manis-manis, apa lagi dari manis gula.

Kelima, Porsi Kegiatan Fisik

Olahraga memang sangat baik untuk metabolism tubuh, dan olahraga akan membuat badan kita tetap fit selama menjalankan ibadah puasa. Namun kita harus memilih waktu dan jenis olah raga yang tepat untuk kita. Hindari berolahraga di siang hari, karena olahraga akan membuat tubuh kita berkeringat, dan kehilangan banyak cairan. Oleh karena itu lakukanlah olahraga ringan seperti jalan kaki, jogging, bersepeda, dan lain-lain. Serta pilihlah waktu berolahraga di malam, atau sore hari menjelang berbuka puasa. Cairan yang kita keluarkan selama berolahraga di sore hari akan dapat kita ganti saat berbuka puasa.
Ke Enam, Tambah Dengan Tidur Siang

Jika kita memiliki aktifitas yang padat selama bulan puasa, kita dapat tetap bugar dengan menyempatkan tidur siang. Eits, jangan salah. Tidur siang ini bukan alasan untuk kita bermalas-malasan ya, tidur siang sekitar 15-20 menit saja akan membuat tubuh kita bugar saat bangun tidur. Tidur siang ini lebih popular dengan sebutan power-nap.


Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga tetap bugar, dan dapat mengerjakan tugas, bekerja seperti di hari-hari biasanya. Jangan gunakan puasa sebagai alasan untuk kita bermalas-malasan. 

________________
Gambar hanya sebagai ilustrasi
Sumber Gambar :
http://asset-a(dot)grid(dot)id/crop/0x0:0x0/700x465/photo/2018/05/14/2889054645.jpg

Posted by: verbaidotid
verbal, Updated at: 9:25 AM

0 komentar

Post a Comment

Berikan Komentarmu di Sini, Untuk Beropini, Bertukar Ide dan Sekedar Sharing..

 
UP