MASTURBASI AMAN, JIKA KAMU TIDAK MELAKUKAN INI... - Verbal

Monday, March 26, 2018

MASTURBASI AMAN, JIKA KAMU TIDAK MELAKUKAN INI...

Masturbasi adalah  perangsangan seksualitas yang sengaja dilakukan pada organ kelamin untuk memperoleh kenikmatan dan kepuasan.[1] Pada laki-laki mastur basi lebih dikenal dengan sebutan onani. Masturbasi atau onani lebih lumrah dilakukan oleh manusia, namun beberapa hari sebelum kami menyelesaikan artikel ini, kami juga melihat di sosial media ada seekor monyet yang sedang melakukan aktivitas onani layaknya seperti pria, hanya saja kami tidak melihat apakah perilaku tersebut dilakukan sampai orgasme atau tidak.

Dari beberapa studi menyebutkan bahwa hampir semua laki-laki dan sebagian besar wanita melakukan aktivitas masturbasi, sebagai mana yang dibeberkan situs webmd.com yang menunjukkan bahwa sebesar 95% laki-laki dan 89% dilakukan oleh perempuan.[2] Pada usia remaja masturbasi dipicu oleh adanya tingkat stress, hal ini sebagai mana Robert Morris dalam Adinda Putri  “Penelitian yang yang dilakukan di Universitas, Pennsylvania, Amerika, menyatakan bahwa 52% laki-laki melakukan masturbasi untuk mengurangi depresi dan rasa cemas”.[3]

Depresi merupakan gangguan suasana perasaan (mood) yang berkaitan dengan alam perasaan yang sedih dan gejala penyertanya, termasuk perubahan pola tidur dan nafsu makan, psikomotor, konsentrasi, anhedonia, kelelahan, rasa putus asa dan tak berdaya, serta gagasan bunuh diri.[4]


Masturbasi masih tergolong perilaku yang tabuh untuk dibicarakan di Indonesia. Kebanyakan masyarakat Indonesia percaya, bahwa perilaku masturbasi akan menyebabkan terganggunya kesehatan tubuh, seperti lemahnya dengkul (lutut), dengkul kopong, berkurangnya kesehatan mata, rambut rontok, jerawatan, tumbuh rambut di telapak tangan, susah ereksi, mencederai alat kelamin, menurunkan hasrat seksual.[5] Namun demikian, benarkah rumor yang beredar dalam masyarakat ini? tentu ini membutuhkan studi lebih lanjut.

Masturbasi Atau Onani Aman?

kami melakukan wawancara dengan seorang bidan[6], ada beberapa hal yang kami tanyakan seputar perilaku masturbasi. Diantaranya, pertama, bagaimana pengaruh masturbasi?. Beliau menjawab, bahwa “pengaruh masturbasi pada individu diantaranya adalah bahwa masturbasi dapat menghilangkan stress”. Namun deminkian “jika dilakukan terlalu sering maka masturbasi akan dapat menurunkan kualitas sperma pada laki-laki” tambahnya.

Selanjutnya kami juga menanyakan, apakah masturbasi itu aman bagi kesehatan? dan seberapa sering masturbasi bisa dilakukan dalam satu minggu? Beliau menjawab “untuk bisa dibilang aman atau tidak aman tergantung kondisi tubuh, sekalipun setiap hari dilakukan kalau tidak ada keluhan ya aman”. Beliau menambahkan bila seseorang terlalu sering melakukan masturbasi maka hal itu dapat mengurangi kenikmatan saat berhubungan sex dengan lawan jenis, hal ini dikarenakan menurunnya sensifitas pada organ sex.

Terkait dengan rumor tentang lutut kopong, Dokter Tiara Rahmawati menjelaskan bahwa tidak ada hubungan antara terjadinya lutut kopong dengan proses masturbasi, dalam dunia medis lutut kopong diakibatkan oleh pengeroposan tulang, hal ini secara alami akan terjadi seiring bertambahnya usia semakin menua, karena melambatnya laju pembentukan tulang.[7]

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa aktifitas masturbasi adalah aktifitas yang memiliki berbagai tujuan, diantaranya adalah menurunkan tingkat stress dan kecemasan. Sebagian besar laki-laki maupun perempuan melakukan aktifitas “solo sex” tersebut. Masturbasi aman, sejauh dilakukan dengan cara yang benar dan tidak berlebihan, dan tidak ada bukti yang menguatkan tentang kopongnya tulang lutut dikarenakan aktifitas masturbasi.


Sumber Gambar: http://www.fahbench.com/

[3] Adinda Putri L., Hubungan Tingkat Depresi Dengan Perilaku Masturbasi Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Tahun Pertama (skripsi Program Pendidikan Sarjana Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro 2014)
[4] Kaplan HI dan Saddock BC, dalam Adinda Putri L.
[6] Mar’atus dalam wawancara (Wawancara dilakukan kepada dengan menggunakan fasilitas chat media sosial berbagi gambar).

Posted by: verbal[dot]id
verbal, Updated at: 2:59 AM

1 komentar:

Berikan Komentarmu di Sini, Untuk Beropini, Bertukar Ide dan Sekedar Sharing..

 
UP