6 HAL YANG BIKIN JOMBLO TETAP BAHAGIA - Verbal

Sunday, March 11, 2018

6 HAL YANG BIKIN JOMBLO TETAP BAHAGIA

Jomblo adalah keadaan dimana seseorang tidak memiliki pasangan, dalam pengertian ini maka jomblo dapat kita samakan dengan kata single. Sebenarnya ada banyak pengertian mengenai jomblo, ada yang memaknai jomblo sebagai seorang yang belum memiliki pasangan, ada pula yang memaknai jomblo sebagai seseorang yang “tidak laku”, tidak ada lawan jenis yang bersedia menjadi pasangannya, dan lain-lain. Dari banyaknya pengertian tentang jomblo, akhirnya saya memutuskuan untuk mencari informasi tentang jomblo dalam kamus besar bahasa Indonesia. Saat saya mencari dengan kata kunci “jomblo”, ternyata aplikasi KBBI tidak menemukannya, dan akhirnya saya coba untuk mengacak, menghilangkan salah satu hurufnya, atau menambah huruf akhirnya. Ternyata saya menemukan kata “jomlo”, tanpa huruf “b” diantara huruf “m” dan “l”, yang artinya adalah gadis tua. [1] [Cara menjadi jomblo berkualitas// hidup bahagia tanpa pasangan// tips jomblo keren// cara menikmati hidup dalam kesendirian// jomblo bahagia mp3// jomblo bahagia lirik// jomblo bahagia yessy// jomblo bahagia lagu]
Biasanya gadis dikonotasikan pasti masih muda, tapi dalam kamus ini jomlo diartikan sebagai gadis tua, hal ini mengisyaratkan bahwa jomlo adalah seorang wanita yang tak kunjung mendapatkan pasangan sampai menua. Jika dilihat hari ini, jomlo, atau lebih dikenal masyarakat dengan jomblo tidak lagi dibatasi jenis kelamin, wanita maupun pria jika tidak memiliki pasangan biasanya dipanggil jomblo, namun kata ini lebih ditunjukkan kepada lelaki atau perempuan yang belum pernah menikah, karena jika sudah pernah memiliki pasangan kita lebih mengenalnya dengan sebutan duda/janda, dudo/rondo (jawa, red.).
Belakangan jomblo dilabel sebagai individu yang kurang beruntung dalam hal asmara, berbagai kata yang berbau negatif ditujukan kepada jomblo, bully menjadi hal yang akrab dengan kehidupan seorang jomblo. Namun sebenarnya jomblo juga bisa bahagia, banyak hal yang dapat membuat kita bahagia, meskipun jomblo. Dan inilah 6 hal yang membuat jomblo tetap bahagia;

    Jadikan Masa Jomblomu Produktif

    Tidak sedikit orang yang melewati masa-masa jomblonya (setelah diputuskan pacar) dengan meratapi nasib, mendengarkan lagu galau, mengingat-ingat mantan, atau dengan kata lain orang –orang jenis ini adalah jomlo-jomlo yang sebenarnya “menikmati” sakit atas kejombloannya.
    Sebenarnya saat kita jomblo, kita dapat memanfaatkan momen-momen tersebut sebagai suatu yang positif, misalnya dengan menulis puisi, menulis cerpen, artikel, atau jika kita memiliki feel di dunia seni, kita dapat membuat lagu atau hal-hal komersil lainnya. Dengan menulis selain sebagai penghilang kebengongan kita, kita juga bisa produktif dengan menghasilkan karya-karya, dan jika kita beruntung maka karya-karya kita akan dapat menghasilkan uang pada suatu hari kemudian.

    Cari Kesibukan

    Jangan sampai menyendiri, karena saat kita menyendiri akan banyak bayangan mantan yang melintas di benak kita, dan tidak hanya melintas, kadang kita juga hanyut dalam bayangan tersebut, dan pada akhirnya kita akan semakin sulit melupakan mantan, dan tentu saja hal ini membuat kita berlarut-larut dalam kesedihan. Oleh karena itu kita harus melupakan masa-masa sulit itu dengan berbagai aktifitas, jangan biarkan mantan melintas dipikiran kita.

    Mencintai Diri Sendiri

    Banyak orang beranggapan bahwa jomblo adalah kondisi yang sangat “memprihatinkan”, dan tidak jarang stigma dari lingkungan ini mempengaruhi kita sebagai jomblo untuk semakin mendramatisir keadaan. Padahal kita tetap bisa hidup meskipun tanpa hadirnya pacar, kita akan tetap baik-baik saja saat ada atau tiadanya pacar, dan tentu saja hidup akan tetap berjalan dengan atau tanpa pacar. kita menganggap bahwa berpacaran adalah kondisi ideal, bisa jalan-jalan dengan pacar, mengenalkan pacar kepada teman-teman, dan mendapat perhatian dari pacar.
    Tapi tunggu dulu, mulai sekarang buang jauh-jauh pikiran itu, kita bisa jalan-jalan kemana saja yang kita mau tanpa seorang pacar, dan anggap diri kita sudah lengkap tanpa hadirnya pacar, hal ini akan membuat kita tetap bahagia meskipun tidak memiliki pasangan.

    Hemat

    Nah, ini dia hal yang menguntungkan kita sebagai seorang jomblo, hemat. Tidak perlu malam mingguan, tidak perlu membelikan hadiah ulang tahun, dan tidak perlu melakukan hal-hal tidak penting lainnya. Menjadi hemat tentu akan membuat kita bahagia suatu saat nanti, sebagaimana kata pepatah “hemat pangkal kaya”, kecuali jika dengan jomblo kita tidak kaya-kaya, berarti ada yang salah dengan kejombloan kita (red.).

    Punya Komunitas

    Punya komunitas adalah kunci kebahagiaan jomblo, karena banyak kegiatan komunitas yang akan membuat kita tetap bahagia dan melupakan status kejombloan. Nah bagaimana mencari komunitas? Jika kita suka menulis, maka carilah komunitas penulis. Dan jika suka motor, ada baiknya kita mencari teman-teman yang suka motor juga, jika kita suka kegiatan sosial, maka carilah komunitas sosial, dan seandainya kita suka pacar orang, mulailah beristighfar, jangan sampai kita disawer dan masuk berbagai media sosial, ex kasus pelakor.

    Teman

    Apa bedanya komunitas dengan teman? Komunitas biasanya terlalu umum, dan kurang personal. Sementara teman memiliki kualitas kedekatan emosional yang lebih dari sekedar komunitas. Teman dapat dijadikan tempat untuk meluapkan unek-unek kita sehingga beban hidup akan sedikit berkurang, tapi jangan asal menjadikan teman sebagai tempat curhat, karena banyak juga teman yang tidak bisa jaga rahasia, maka mulailah selektif mencari teman curhat.
Demikianlah 6 (enam) hal yang membuat jomblo tetap bahagia. Mau jomblo atau tidak, itu adalah pilihan, jangan terlalu mendramatisir keadaan dengan kejombloan kita, karena sebuah karya dari keresahan kita pada saat jomblo akan membuat kita tetap produktif, dan bahagia.
________________
[1]KBBI ofline versi 1.5.1
Gambar hanya sebagai ilustrasi
Sumber Gambar: Vebma.com

Posted by: verbaidotid
verbal, Updated at: 10:19 AM

0 komentar

Post a Comment

Berikan Komentarmu di Sini, Untuk Beropini, Bertukar Ide dan Sekedar Sharing..

 
UP