13 Wisata Paling Popular di Kota Lamongan - Verbal

Sunday, January 14, 2018

13 Wisata Paling Popular di Kota Lamongan

Kota Lamongan, Jawa Timur merupakan kota yang masyhur dengan makananya yang sudah melalang buana seantero jagad Indonesia, sebut saja Soto Lamongan, Wingko Babat, Pecel Lele, dan satu lagi yang hanya dapat kita temui hanya di Lamongan, yaitu Sego Boran atau nasi boran. Selain sebagai kota kuliner, lamongan juga menyimpan sejuta pesona wisata, mulai dari wisata buatan, sampai wisata alam yang masih alami, Situs sejarah dan banyak lagi wisata kota lamongan yang patut kita coba. Di lamongan juga terdapat beberapa wisata baru yang muncul belakangan, dan sudah menyita perhatian para penikmat wisata. Lamongan juga memiliki banyak banyak spot yang dapat kita gunakan untuk bersua foto atau selfi, karena banyak destinasi menarik yang dapat dipilih sebagai tempat wisata yang murah, namun tetap memanjakan pertualangan.

Berikut ini akan kami ulas daftar tempat wisata di kota Lamongan terbaru yang dapat patut dicoba, mulai dari wisata yang bertema pantai, wisata sejarah, wisata religi, sampai pada wisata keluarga yang sederhana namun tetap menyenangkan. Ke 10 (sepuluh) tempat wisata paling popular di kota lamongan adalah sebagai berikut:

1.      Wisata Bahari Lamongan (WBL) dan Mazola


Wisata ini sengaja kami ulas pada urutan pertama karena wisata ini merupakan wisata yang sudah mainstream, namanya sudah dikenal di mana-mana. Wisata bahari lamongan merupakan wisata yang berada di pantai kota lamongan di wilayah kecamatan paciran. Sebelum dijadikan sebagai wisata bahari lamongan (WBL) dan dibangun berbagai wahana permainan, sebenarnya dahulu WBL lebih dikenal dengan sebutan Tanjung Kodok, karena di sana terdapat jorokan daratan kearah laut dan juga terdapat batu besar yang menyerupai seekor kodok raksasa. Sebelum menjadi WBL, Tanjung kodok masih sangat terjangku untuk digunakan sebagai wisata keluarga, namun sekarang karna sudah dikelola sedemikian rupa membuat biaya masuknya juga mengalami peningkatan yang lumayan signifikan, yang setara dengan kepuasan berwisata.

Terdapat berbagai wahana di WBL, diantaranya adalah Istanah Bawah Laut, Goa insectariums, Istana Bajak Laut, Texas City, Istana Kucing, dan berbagai permainan yang meningkatkan adrenalin lainnya.


Wisata bahari lamongan menjadi wisata yang paling popular di kota lamongan. WBL juga terintegrasi langsung dengan wisata yang berada disebelahnya, yaitu Gua Maharani, atau lebih akrab disebut dengan Mazola zoo, dengan satu tiket kita dapat menjelajahi kedua destinasi wisata tersebut.

2.      Waduk Gondang


Masyarakat kabupaten Lamongan sudah tidak asing lagi dengan keberadaan wisata waduk gondang. Seperti namanya waduk gondang adalah tempat penampungan air yang sangat besar, kedalamannya mencapai sekitar 29 meter, yang kira- kira cukup untuk menenggelampak gedung dengan 9 lantai. Sementara luasnya juga tak kalah signifikan, besaran luas waduk gondang tercatat sekitar 6,60 ha (hektar).

Wisata waduk gondang terletak tidak jauh daripusat kota lamongan, atau sekitar 19 Km arah barat Lamongan. Bibir waduk bersinggungan dengan beberapa desa di sekitarnya, yakni desa Wonorejo, Deketagung, Gondang Lor, Daliwangun, Sukobendu, Wudi, Sekidang, dan Sidorejo. Sementara waktu yang paling tepat saat menikmati keindahan waduk adalah sekitar jam 16.30 saat matahari mulai berangsur turun, kita dapat menikmati sunset di sana.

3.      Wisata Pemandian Air Banas Brumbung

Pemandian air panas brumbung terletak di dusun Tepanas Desa Kranji kecamatan Paciran. Ada yang menarik dari sumber air panas brumbung, biasanya wisata pemandian air panas, bau belerang airnya sangat terasa, namun di pemandian air panas brumbung ternyata airnya tawar.

Wisata Pemandian ini dibuka sepanjang waktu, 24 jam non-stop. Oleh karena itu, kita bisa datang kapan saja bila kita mau, namun saran kami jika ingin menikmati air panas di sini, lebih baik datang sebelum subuh, karena saat itu biasanya sepi dan kita bisa menikmati kolam sendirian, seperti mandi di kolam renang sendiri. Bukan tanpa alasan kami menyarankan untuk mandi di jam-jam itu, karena jika saat ramai, tentu kenyamanan kita akan sedikit berkurang, karena harus berbagi kenyamanaan dengan pengunjung lain, kolam yang berukuran kecil juga menjadi salah satu penyebabnya. Namun demikian bila kita ingin menikmati keramaian, mandi bersama, dan juga melihat wisatawan lain yang sedang berwisata di wisata air panas brumbung, ada baiknya kita datang pada jam-jam ramai, berkisar antara jam 10.00 WIB sampai waktu ashar, atau sekitar jam 17.00.

4.      Tlogo Sadang


Tlogo sadang menyajikan pemandangan telaga yang tidak kalah menarik dengan waduk gondang di Lamongan, dibalut dengan tebing bebatuan kapur bekas galian, menambah keindahan tempat ini. jika kita ingin bersua foto, atau selfi, kita bisa menggunakan tebing bekas galian sebagai background, karena komposisi batuan ini juga sangat bagus jika digunakan sebagai objek foto. Selain itu, tentu saja kita ke tlogo sadang ingin menikmati telaganya bukan? Jangan hawatir, penampakan telaga di desa sadang kecamatan paciran ini juga sangat memukau, sehingga kita tidak akan kecewa jika datang ke tempat ini.

5.      Musium dan Makam Sunan Drajad

Sunan Drajad adalah penyebar agama islam yang merupakan satu dari kesembilan wali songo yang tersohor di pulau jawa. Sunan drajad atau Raden Qosim adalah Putera dari Sunan ampel, dan saudara dari sunan Bonang. Museum Sunan Drajad terletak di desa Drajad kec. Paciran Kab. Lamongan, lebih tepatnya berada dalam kompleks wisata Religi Makam Sunan Drajad.

6.      Makam Sunan Sedang Duwur

 
Sunan Sendang Duwur juga merupakan salah satu tokoh penyebar Islam di Indonesia. Konon ayahnya adalah seorang berbangsa Baghdad, atau Irak. Jika berkunjung disini, selain untuk tujuan Religi, anda juga dapat menikmati keindahan ukiran disana, kombinasi bangunan yang bercorak Islam dan Hindu akan membuat kita belajar banyak tentang akulturasi budaya, dan multikulturalisme, sehingga selain cocok untuk berwisata religi, timpat ini juga cocok untuk dijadikan destinasi sejarah, dan arsitektur. Letaknya yang sangat dekat dari kompleks makam sunan Drajad, atau tempatnya berada di Desa sendang Duwur Paciran, membuat kita bisa menjadikannya dua destinasi wisata yang menarik.


7.      Alun-Alun Kota Lamongan


Alun-Alun Kota Lamongan berada di pusat Kota Lamongan, Alun-alun ini menyajikan berbagai wahana permainan yang rama anak, mulai dari ayunan, perosotan, sampai air mancur. Didalam alun-alun juga terdapat Pesawat yang dipajang, sehingga dapat digunakan untuk sekedar bersua foto, atau selfi. Selain sebagai tempat wisata, permainan. Dialun-alun juga biasanya digunakan warga untuk menikmati senja, atau bahkan sampai malam, selain itu juga banyak komunitas yang sering kali memamerkan kepiawaiannya dalam berbagai keterampilan sehingga cocok bagi kita yang tertarik pada dunia seni, olah raga, dan pengamatan sosial untuk datang berkunjung ke tempat ini.

8.      Plengsengan Pantai Penanjan


Tidak banyak orang yang tahu seputar tempat ini, namun bagi masyarakat pesisir Kota Lamongan, sudah sangat akrab dengan destinasi satu ini, berada dibibir pantai desa penanjan, membuat kita dapat mengambil foto dengan background hamparan laut yang sangat luas, apa lagi jika kita kesana pada waktu sore hari, jika beruntung kita dapat menikmati matahari terbenam dengan warna langit yang orange, ditambah bias cahaya matahari mengenai permukaan air laut, membuat pemandangan pantai penanjan kec. Paciran akan semakin nikmat, dan sayang apabila dilewatkan.


9.      Tempat Pelelangan Ikan Brondong

 Sebagai tempat pelelangan ikan tentu yang dapat kita saksikan hanya para pedagang ikan menawarkan berbagai ikan hasil tangkapan para nelayan, tapi jika kita ingin melihat hal lain selain pedagang ikan, kita dapat meniikmati hamparan kapal besar yang bertengger di bibir pantai Brondong, udara yang berhembus sepia-sepai akan membuat kita semakin terbius dengan suasana tempat ini,dan jika kita jelih, tidak jarang pemandangan matahari terbit dapat kita saksikan di tempat ini.

10.  WEGO (Wisata Edukasi Gondang Outbond)

Wego merupakan wisata yang sangat ngehit di lamongan baru –baru ini, tidak hanya dikunjungi oleh masyarakat kota lamongan saja, wego sudah terkenal sampai beberapa kota di sekelilingnya, seperti tuban, gresik, mojokerto, bojonegoro, dll.

Terletak dekat wisata alam waduk gondang lamongan, wego menjadi sangat popular karena mudah dijangkau dari tempat wisata lainnya, wisata ini tepatnya berada di Desa DeketagungKec. Sugio Kabupaten Lamongan, tidak jauh dari pusat kota lamongan.

11.  Monumen tenggelamnya kapal Van der Wijck

Kapal Van Der Wijck merupakan kapal buatan belanda yang tenggelam di perairan Brondong Lamongan, kapal yang tebilang sangat megah, bahkan bisa disejajarkan dengan kapal Titanic, versi Indonesia. Peristiwa ini menjadi semakin tersohor diseantero jagad Indonesia, kare seorang Ulama sekaligus Sastrawan Buya Hamka menuliskannya dalam sebuah novel yang bertajuk Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. Monument Van Der Wijck dibangun pemerintah belanda untuk memperingati kejadian tersebut, Monumen tersebut diletakkan di pelabuhan Brondong, dekat peristiwa tenggelamnya kapal yang sesungguhnya.

12.  Pantai Kutang

Wisata Pantai Kutang terletak di desa Labuhan kec. Brondong Kabupaten Lamongan, pantai ini masih asli belum terjamah oleh tangan developer, sehingga sangat menarik jika kita menghabiskan waktu untu berwisata di pantai ini.

13.  Wisata Pohon Trinel (widhe)

Bellum lama ini ditemukan wisata baru di kabupaten lamongan, tepatnya di desa widhe kecamatan brondong. Wisata ini cukup menyita banyak perhatian dari para penikmat wisata alam. Bahkan saat weekend pengunjungnya sangat ramai. Di tempat wisata tersebut, terdapat pohon yang unik, berbentuk melingkar-lingkar dan sangat menarik jika dijadikan sebagai obyek foto, atau background salfi. Untuk memasuki kawasan ini, kita hanya dikenakan biaya parker sebesar dua ribu rupiah saja.


Demikianlah beberapa tempat wisata yang paling popular dikota lamongan yang dapat kita jadikan sebagai destinasi kunjungan kita, baik untuk wisata keluarga atau wisata bersama teman dekat, yang sangat menarik jika kita ingin berkunjung ke kota lamongan
_______________________________________________
Sumber Gambar: google.com
#wisatalamongan #lamongan #wisatabaru #kotalamongan

Posted by: verbal[dot]id
verbal, Updated at: 5:09 PM

0 komentar

Post a Comment

Berikan Komentarmu di Sini, Untuk Beropini, Bertukar Ide dan Sekedar Sharing..

 
UP