Friday, August 17, 2012

Pengertian Sukses adalah

kadang kita jumpai orang yang ketika ditanya, “bagaimana cita – cita mu?”, kebanyakan dari mereka menjawab “aku ingin sukses”, atau bahkan hanya menjawab sesuatu yang tidak spesifik. Mereka yang menjawab sukses pun kadang tidak tahu, apa sih makna dari sukses itu?. Banyak orang memiliki definisi yang berbeda tentang arti sebuah kesuksesan, misalnya sukses diartikan sebagai pencapaian seseorang pada derajad yang tinggi, seperti menjadi pemilik perusahaan, pemilik yayasan, pemilik usaha yang besar, menjadi seorang dosen, menjadi seorang guru, dan lain - lain. artikel sukses/ cara hidup sukses di usia muda/ kebiasaan orang sukses setiap hari/ sukses dan kaya/ cara sukses pengusaha sukses/ 50 kebiasaan orang sukses dunia/ kunci sukses

Dalam kehidupan sehari-hari, kadang kita terbentur dengan pengertian sukses yang sebenarnya, skelompok orang mengatakan suksses dengan asumsinya sendiri dan sekelompok orang lainya mengatakan hal yang berbeda. Lalu apa yang dimaksud dengan sukses itu “memerlukan tanda tanyak yang sangat besar”??.

Apakah seorang kiyai dianggap telah sukses??, apakah seorang direktur dikatakan sukses??, atau apakah seorang guru juga sudah dikatakan sukses??, tentu saja tidak segampang itu mengatakan mereka adalah orang yang sukses atau sebaliknya.


Sukses memiliki banyak arti tergantung siapa yang mengatakannya, sukses diartikan sebagai suatu yang telah “dicapai”, yaitu ketika orang tersebut telah memiliki pekerjaan yang baik, uang yang banyak, dan istri yang cantik....hehehe,. Tapi ada pula yang mengatakan sukses dengan sebuah keadaan dimana seseorang mendapatkan apa yang telah direncanakanya, merasa tenang dengan apa yang dicapainya dan mendapatkan pengakuan dari orang lain.

Secara garis besar dapat disimpulkan bahwa sukses adalah keadaan dimana seseorang mendapatkan apa yang telah di impikan (direncanakan) “internal” disatu sisi dan mendapatkan pengakuan dari orang lain dari sisi eksternal. Namun pada kenyataannya banyak juga orang yang mencapai suatu yang benar – benar mereka inginkan tapi tidak memperhatikan penilaian orang lain, dan orang tersebut tetap bisa hidup dengan apa yang telah mereka kerjakan. Hal ini berarti sukses tidak membutuhkan sesuatu yang bersifat eksternal (dari luar) untuk mengakui suatu kesuksesan, sukses hanya dilihat dari kreteria bahwa kita memang benar- benar menginginkan sesuatu itu, dan kita dapat hidup, atau mencukupi kebutuhan hidup dengannya.


Dari uraian di atas, menunjukkan bahwa seorang ustad, direktur, guru, petani, tukang sayur, pedagang kaki lima, penjual pulsa, dan lain – lain bisa saja dikatakan telah sukses jika dalam penggapainya telah direncanakan sebelumnya artinya hal itu adalah benar-benar sebuah pencapaian, atau memang betul sebagai keinginan dari awal, kita akan hidup dengan cita – cita yang ingin kita dapatkan. Sesederhana itulah arti sukses setidaknya menurut saya. Apa arti sukses bagi kamu, belum tentu menjadi bermakna bagi saya, dan begitulah sebaliknya, yang menurut saya sukses, belum tentu menurut kamu bermakna sama.

Namun pada kenyataannya, semacam ada sebuah consensus (kesepakatan) bahwa makna sukses, atau kesuksesan adalah dilihat dari seberapa materi yang dimiliki oleh seseorang, seberapa banyak uang, merek mobil, model rumah, dan lain – lain adalah indicator adanya sebuah kesuksesan. Tapi bisa kita lihat betaba banyak orang yang kaya raya namun hidupnya tidak pernah tenang karena selalu diburu dengan urusan – urusan yang membuatnya tidak nyaman.


Kita juga tidak bisa mengabaikan orang dengan rata – rata pendapatan yang sangat rendah (jika tidak mau disebut miskin) terlihat hidup dengan penuh kesulitan, hal ini tidak mungkin dapat juga kita sebut sebagai sukses atau kesuksesan, karena tidak mungkin ada orang yang bercita – cita hidup dengan banyak kesulitan, yang mengarah kepada tidak dicapainya kenikmatan, ketenangan, dan kebahagiaan.

Oleh karena itu bukan kaya atau miskin indicator dari sebuah kesuksesan, tapi ketenangan, kenyamanan, kebahagiaanlah kunci utama dari kata sukses. Dengan harta yang seadanya orang bisa hidup bahagia, apa lagi jika kita dapat mencapai kehidupan dengan penuh kebahagiaan, ketenangan, dan kemampuan financial yang mencukupi maka kebahagiaan yang sebenarnya akan dapat kita capai, karena sebaik – baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi manusia yang lain. Oleh karena itu kita harus dapat memenuhi kebutuhan dasar kita, agar dengan mudah kita dapat membantu orang lain. Inilah kesuksesan yang hakiki setidaknya menurut kami.
Pengertian sukses Wikipedia, Makna sukses, arti sukses sebenarnya, definisi sukses menurut islam, pengertian sukses menurut Mario teguh, kunci sukses adalah, definisi sukses menurut kbbi, pengertian sukses menurut paraahli, sukses adalah
__________________
Gambar Hanya sebagai Ilustrasi
Sumber Gambar: google.com

Posted by: verbal[dot]id
verbal, Updated at: 8:58 AM

0 komentar

Post a Comment

Berikan Komentarmu di Sini, Untuk Beropini, Bertukar Ide dan Sekedar Sharing..